OJK Gelar Expo Islamic Banking Vaganza 2015

Rabu, 07 Januari 2015 - 11:40 WIB
OJK Gelar Expo Islamic Banking Vaganza 2015
OJK Gelar Expo Islamic Banking Vaganza 2015
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri perbankan syariah akan menggelar acara Expo Islamic Banking (iB) Vaganza 2015 sebagai upaya untuk semakin memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman kepada masyarakat mengenai keunggulan produk dan layanan perbankan syariah.

Surakarta (Solo) menjadi kota penyelenggara pertama kegiatan Expo iB Vaganza tahun 2015 dari rencana kegiatan di 15 kota besar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Barat (NTB) sepanjang tahun ini.

Kegiatan di Solo digelar mulai 7-11 Januari 2015, bertempat di Solo Square. Pemilihan kota Solo, dengan mempertimbangkan kesuksesan penyelenggaraan kegiatan yang sama pada 2013.

"Selain itu, Solo selama ini telah menjadi lahan subur untuk pengembangan industri perbankan dan keuangan syariah, yang market share perbankan syariahnya telah melampaui market share perbankan syariah nasional," kata Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK Edy Setiadi‎ dalam rilisnya, Rabu (7/1/2015).

Expo akan dimeriahkan dengan berbagai acara, di antaranya talkshow edukasi literasi keuangan, sosialisasi produk dan layanan perbankan syariah dengan nara sumber dari Departemen Perbankan Syariah OJK Pusat, perwakilan OJK Solo, pelaku industri jasa keuangan, dan tokoh masyarakat.

Menurut dia, sebagai industri yang relatif baru bertumbuh, industri perbankan dan keuangan syariah nasional perlu terus melakukan sosialisasi dan edukasi publik agar produk serta jasa layanan syariah yang semakin beragam dan berdaya saing dapat dikenal dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

"Di samping itu, juga agar dapat berkontribusi secara nyata dan optimal dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian nasional yang berkesinambungan," ujarnya.

Expo iB Vaganza dilakukan secara masif dan terintegrasi diharapkan dampaknya tidak hanya berlaku untuk industri perbankan syariah saja, namun juga berlaku untuk seluruh industri jasa keuangan syariah secara keseluruhan.

"Karena itu, dalam penyelenggaraan kegiatan Expo iB Vaganza tersebut juga akan dikutsertakan industri keuangan syariah lainnya, antara lain industri keuangan non-bank syariah (IKNB Syariah), seperti asuransi syariah, pegadaian syariah serta industri jasa keuangan syariah lainnya," tutur dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5729 seconds (0.1#10.140)