Hipmi Dorong Pengusaha Muda Berwawasan Global

Jum'at, 09 Januari 2015 - 10:33 WIB
Hipmi Dorong Pengusaha Muda Berwawasan Global
Hipmi Dorong Pengusaha Muda Berwawasan Global
A A A
Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) terus mendorong pengusaha muda Indonesiamemilikiwawasan global. Visi global dibutuhkan dalam persaingan bisnis yang semakin kompetitif dan perlambatan ekonomi global.

Apalagi, Indonesia akan dihadapkan pada pasar bebas atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Hipmi Hardini Puspasari mengatakan, perlambatan ekonomi dunia menyerang negara berkembang maupun negara maju adalah fakta. Dampaknya berupa tantangan usaha yang besar terutama di sektor UKM. Salah satu penyebab adalah tingkat suku bunga kredit dari perbankan yang tinggi.

Sementara, pemerintah belum sepenuhnya dapat memberikan fasilitas kepada pengusaha pemula. “Sektor UKM masih susah sekali untuk bangkit, terutama dalam hal promotion, branding, packaging, danperlindunganhak cipta. Padahal, ini sektor yang menopang pertumbuhan ekonomi di saat krisis dengan segala keterbatasan,” ujar Hardini saat menerima kunjungan Harvard Asia Leadership Trek belum lama ini di Jakarta.

Ketua Umum Hipmi Raja Sapta Oktohari menyambut positif delegasi mahasiswa Harvard maupun MIT. Dia mengatakan, para pengusaha muda Indonesia harus meniru akses pembiayaan di luar negeri. Salah satu yang dikritisinya adalah sebutan unbankable di perbankan bagi pengusaha pemula. Hal ini mempersulit pertumbuhan wirausahawan dalam negeri.

Hafid fuad
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5628 seconds (0.1#10.140)