Pemerintah Diminta Tak Ikut Tentukan Tarif Pesawat

Senin, 26 Januari 2015 - 11:20 WIB
Pemerintah Diminta Tak Ikut Tentukan Tarif Pesawat
Pemerintah Diminta Tak Ikut Tentukan Tarif Pesawat
A A A
JAKARTA - Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (NACA) meminta pemerintah tidak campur tangan terhadap penentuan tarif batas atas dan bawah pesawat. Namun, maskapai penerbangan yang menentukan tarif.

‪Sekretaris Jenderal INACA, Tengku Burhanudin mengatakan, para maskapai penerbangan menanggung beban berat ketika kurs rupiah melemah serta naiknya harga minyak dunia, hal itu pula yang memengaruhi fluktuasi harga tiket pesawat.

‪"Tarif penerbangan selalu diributkan. Makanya tarif tidak usah diatur. Biarin saja maskapai yang jual tiket dengan harga murah, bisa rugi atau yang jual kemahalan berdampak ke okupansi penumpang," ujarnya di Jakarta, Minggu (25/1/2015).‬

Burhanuddin mengungkapkan, kelemahan jika tarif batas atas diatur pemerintah maka terjadi fluktuasi seiring berubahnya biaya asuransi, kurs rupiah serta harga avtur.

‪"Ada kelemahan tarif batas atas kalau diatur pemerintah, di mana setiap ada perubahan biaya asuransi, kurs rupiah dan harga avtur, maka maskapai menuntut tarif itu dinaikkan. Biasanya enggak cepat. Sedangkan kalau tarif batas bawah, dipertanyakan keamanannya," tandas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5665 seconds (0.1#10.140)