OJK dan Asosiasi Segera Rilis Produk Asuransi Mikro

Kamis, 05 Februari 2015 - 16:59 WIB
OJK dan Asosiasi Segera Rilis Produk Asuransi Mikro
OJK dan Asosiasi Segera Rilis Produk Asuransi Mikro
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan asosiasi asuransi akan segera merilis produk asuransi mikro bersifat standar, yang saat ini masih dalam tahap persiapan.

"Terus kita siapkan produk bersama perusahaan asuransi dan kita juga bikin bersama asosiasi, bikin produk standar," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Industri Non-Bank OJK Firdaus Djaelani di Gedung OJK, Jakarta, Kamis (5/2/2015).

Firdaus mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan produk tersebut dengan sasaran para pedagang.

"Asuransi mikro terus berjalan prosesnya. Jadi, rencana kami pencanangan April nanti sejak meluncurkan grand design," jelasnya.

Produk asuransi mikro tersebut juga akan membantu para pedagang ketika terjadi bencana alam.

"Sampai ketika ada gempa bumi mereka tidak stop usaha. Kalau ada gunung meletus, pedagang kecil berhenti, jadi dapat uang dari asuransi," ujarnya.

Dengan menyasar segmen kalangan menengah ke bawah, dia meyakini bahwa dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi maka akan memberi korelasi positif pada pertumbuhan asuransi mikro.

"Yang penting kita kenalkan dulu asuransi ke masyarakat bawah. Kalau ekonomi tumbuh, ada migrasi dari low income ke middle income. Di situ ada banyak permintaan asuransi," pungkasnya.

Dia menuturkan bahwa premi asuransi mikro yang sedang disiapkan tidak tinggi. Selain itu, penyalurannya tidak melalui kantor tetapi agen demi menutup biaya operasional.

Saat ini tercatat ada 53 perusahaan asuransi yang memasarkan asuransi mikro dengan jumlah nasabah mencapai 6 juta jiwa. Dari jumlah itu, nilai preminya mencapai Rp106 miliar.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1327 seconds (0.1#10.140)