Bea Masuk Antidumping Diyakini Ampuh Tekan Impor

Selasa, 17 Maret 2015 - 09:34 WIB
Bea Masuk Antidumping Diyakini Ampuh Tekan Impor
Bea Masuk Antidumping Diyakini Ampuh Tekan Impor
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro meyakini, pengenaan bea masuk antidumping sementara (BMADS) dan bea masuk tindakan pengamanan sementara (BMTPS) yang menjadi salah satu poin paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah ampuh untuk menekan keran impor.

Dia mengatakan, cara ini dilakukan untuk membatasi mekanisme antidumping dan pengamanan sebab peraturan yang lama diklaim tidak mampu meredam impor dan membutuhkan waktu yang lama untuk pelaksanaannya.

"Kalau kita mengikuti aturan yang biasa maka akan membutuhkan waktu lama. Dalam waktu yang begitu lama maka impor akan terus masuk dan kedua adalah industri dalam negeri yang kena impor tadi akan mati," katanya di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/3/2015).

Menurutnya, pengenaan BMADS dan BMTPS akan segera menghentikan dan mengurangi impor yang berlebihan. Selain itu, juga mampu menjaga industri lokal yang dicurigai kena dumping.

"Tujuannya adalah kita segera hentikan dan kurangi impor yang berlebihan sekaligus kita jaga industri lokal yang kebetulan bergerak di bidang kita curigai kena dumping atau tindakan pengamanan tersebut. Ini cara mengurangi impor yang gila-gilaan," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7993 seconds (0.1#10.140)