Garuda Tekan Efisiensi Rp213,2 M Melalui Hedging

Selasa, 14 April 2015 - 12:27 WIB
Garuda Tekan Efisiensi Rp213,2 M Melalui Hedging
Garuda Tekan Efisiensi Rp213,2 M Melalui Hedging
A A A
JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menyatakan, melalui lindung nilai (hedging) sebesar Rp1 triliun, perseroan bisa menekan efisiensi USD16,4 juta atau setara Rp213,2 miliar (Rp13.000/USD).

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan, hedging melalui transaksi cross currency swap merupakan bagian dari strategi quick wins perusahaan untuk rebound di 2015.

"Seperti diketahui, Garuda tengah menghadapi tantangan di industri penerbangan. Hedging ini sekaligus sebagai bentuk komitmen perseroan untuk menindaklanjuti imbauan pemerintah berkaitan Kebijakan Umum Transaksi Lindung Nilai BUMN," kata Arif dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (14/4/2015).

Untuk catatan, perseroan turut menggandeng empat bank yaitu PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII), PT Bank Mega Tbk (Bank Mega), ANZ Indonesia dan Standard Chartered Bank Indonesia untuk kerjasama lindung nilai tahap II sebesar Rp1 triliun. (Baca: Garuda Gaet Empat Bank Lakukan Hedging Rp1 Triliun).

"Efisiensi dari transaksi tahap dua selama masa tenor tiga tahun tiga bulan diperkirakan mencapai sebesar USD16,4 juta. Dengan dipatoknya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, pembayaran rupiah untuk biaya operasional dalam dolar AS menjadi stabil dan kegiatan operasional perusahaan dapat lebih konsisten," ujarnya.

Sementara, Presiden Direktur BII Taswin Zakaria mengatakan, dalam kapasitas BII selaku lead arranger, kemitraan ini merupakan wujud nyata dukungan industri perbankan kepada korporasi, khususnya BUMN dalam mengelola pinjaman khususnya dalam memitigasi risiko nilai tukar.

"Bagi BII, kemitraan ini selaras dengan strategi perseroan untuk mendukung BUMN strategis, khususnya Garuda sebagai BUMN terkemuka di bidang transportasi udara sejalan dengan misi BII, humanizing financial services, untuk senantiasa berada di tengah masyarakat, dengan memberikan layanan dan solusi terbaik kepada mitra bisnisnya," kata dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6588 seconds (0.1#10.140)