JK: Penghapusan Premium Perbaiki Kualitas Lingkungan

Senin, 27 April 2015 - 13:16 WIB
JK: Penghapusan Premium Perbaiki Kualitas Lingkungan
JK: Penghapusan Premium Perbaiki Kualitas Lingkungan
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengklaim bahwa penghapusan bahan bakar minyak (BBM) RON 88 alias premium, dapat menjadi salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan di Indonesia. Terlebih, premium merupakan jenis BBM yang tidak bersih.

"Tentu itu (penghapusan premium) memperbaiki kualitas lingkungan," tuturnya di Hotel Shangri-la, Jakarta, Senin (27/4/e015).

Menurutnya, rencana PT Pertamina meluncurkan BBM varian baru berlabel pertalite juga dapat memperbaiki kualitas kendaraan. Pasalnya, pertalite memiliki kadar oktan lebih besar dari premium atau sekitar RON 90-91. "Itu juga memperbaiki kualitas kendaraan sebenarnya, tentu itu kan menjadi pertalite," tandas dia.

Sebelumnya, BUMN minyak dan gas (migas) tersebut dalam waktu dekat akan meluncurkan BBM varian baru berlabel pertalite. Peluncuran pertalite dilakukan agar memberikan pilihan lebih banyak kepada masyarakat untuk BBM.

Seperti diketahui, Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas (RTKM) merekomendasikan penghapusan premium ‎dalam dua tahun ke depan. Hal ini lantaran, BBM yang berkadar RON 88 sudah tidak lagi dijual di negara manapun.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9381 seconds (0.1#10.140)