Tips MotionTrade: 4 Alasan Saham Tidak Bisa Dijual

Jum'at, 10 Maret 2023 - 15:07 WIB
Ada sejumlah alasan mengapa saham bisa tertolak (rejected) oleh sistem saat akan djual. Foto/MNC Media
JAKARTA - Unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk ( BCAP ) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan, MNC Sekuritas , tak hanya menyediakan layanan investasi saham, namun juga beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.

Agar sukses dalam investasi maupun trading, investor atau trader harus bisa membaca peluang transaksi jual-beli di waktu yang tepat. Bagi investor atau trader pemula yang baru memasuki dunia investasi saham, mungkin pernah mengalami saat ingin menjual saham namun tertolak (rejected) oleh sistem.



Apa penyebab saham tidak bisa dijual? Berikut ini 4 alasan yang telah dirangkum MotionTrade untuk para investor atau trader pemula agar bisa memahami alasan suatu saham tidak berhasil dijual:

1. Tidak Sesuai Fraksi Harga



Fraksi harga saham merupakan level perubahan saham yang dapat dipesan dan ditawarkan oleh investor. Jika Anda memasukkan order jual atau order beli yang tidak sesuai dengan fraksi harga ini, maka sistem akan menolak permintaan penjualan saham Anda. Misalnya jika harga saham memiliki fraksi harga Rp5, maka harga yang dapat dipasang misalnya Rp500, Rp505, Rp510, dan seterusnya. Apabila Anda memasukkan harga order jual di angka Rp504, secara otomatis order Anda akan tertolak karena tidak sesuai fraksi kelipatan Rp5.

2. Saham Terkena Auto Rejection

Auto Rejection merupakan mekanisme penolakan transaksi secara otomatis untuk mencegah kecurangan dalam transaksi saham (Unusual Market Activity). Perdagangan sebuah saham akan terhenti sementara apabila terkena auto rejection agar permintaan dan penawaran di saham tersebut kembali normal. Auto rejection terdiri dari Auto Rejection Atas (ARA) yang merupakan persentase batas kenaikan harga tertinggi dari saham, dan Auto Rejection Bawah (ARB) yang merupakan persentase batas penurunan maksimum dari saham dalam satu hari perdagangan.

3. Saham di-Suspend
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More