Wall Street Dibuka Menguat, Didorong Optimisme Inflasi dan Suku Bunga

Rabu, 07 Juni 2023 - 22:30 WIB
Wall Street dibuka menguat didorong optimisme inflasi dan suku bunga. FOTO/dok.SINDOnews
JAKARTA - Indeks utama Wall Street menguat pada pembukaan perdagangan malam ini, Rabu (7/6). Pelaku pasar memproyeksikan inflasi Amerika Serikat (AS) akan turun, serta Federal Reserve bakal mempertahankan bunga acuan mereka.

Dow Jones Industrial Average naik 0,04% di 33.585,41. S&P 500 menguat 0,05% di 4.285,90, sedangkan Nasdaq Composite menanjak 0,18%, menjadi 13.300.



Sejumlah pengamat meramal tingkat inflasi AS akan lebih rendah pada periode Mei. Namun, inflasi inti -di luar komponen makanan dan energi- dipandang masih akan tetap tinggi. The Fed juga diperkirakan bakal menahan suku bunganya.

"Sentimen masih tetap positif, tapi ini juga merupakan masa untuk tetap berhati-hati menjelang pertemuan The Fed dan rilis inflasi," kata Ekonom Spartan Capital Securities, Peter Cardillo, dilansir Reuters, Rabu (7/6/2023).





Katalis positif lain datang dari Menteri Keuangan AS Jenet Yellen yang menyatakan optimis terhadap tanda-tanda pelonggaran pasar tenaga kerja. Hal ini dipandang dapat membuka jalan adanya penurunan inflasi.

Kinerja indeks juga terdorong berkat reli saham-saham berkapitalisasi besar di tengah musim pendapatan. Namun, beberapa analis mengatakan bahwa aksi profit taking berpotensi terjadi, terutama untuk sektor teknologi.
(nng)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More