Afrika Selatan Pastikan Mata Uang Bersama BRICS Terus Dikaji

Minggu, 28 April 2024 - 09:26 WIB


Ketika tahun 2024 menandai dimulainya dekade baru Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) yang diusulkan China, Cwele menyoroti kerja sama yang sudah nyata di bidang infrastruktur, selain perusahaan-perusahaan China yang membantu Afrika Selatan mengatasi tantangan energi tahun lalu, memperkirakan kerja sama semakin diperkuat di tahun-tahun mendatang sambil menyelaraskan BRI dengan cetak biru pembangunan kontinental 50 tahun Uni Afrika, Agenda 2063.

China berperan penting dalam membantu menghubungkan negara-negara Afrika, kata Cwele, seraya menekankan bahwa pembangunan infrastruktur telah membantu meningkatkan perdagangan antarnegara-negara Afrika. Dia menekankan bahwa fitnah terhadap kerja sama China dengan Afrika seperti "jebakan utang" tidak berdasar, karena sebagian besar utang negara-negara Afrika tidak berasal dari China melainkan dari negara lain.

Sementara itu, pertukaran dan kerja sama bilateral China-Afrika Selatan terus meningkat. China tetap menjadi mitra dagang terbesar Afrika Selatan sejak tahun 2009, sementara Afrika Selatan telah menjadi mitra dagang terbesar China di Afrika sejak tahun 2010. Data resmi menunjukkan bahwa perdagangan bilateral tumbuh dari USD1 miliar pada tahun 1998 menjadi USD56 miliar pada tahun 2023.
(fjo)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More