Ini Senjata BRICS untuk Gulingkan Hegemoni Dolar AS

Sabtu, 29 Juni 2024 - 19:22 WIB
Mata uang BRICS yang didukung emas menurutnya dapat menjadi pengubah permainan di dunia keuangan dan melemahkan dolar AS. Negara-negara berkembang menurutnya dapat mulai menjauhkan diri dari dolar AS dan menggunakan mata uang baru tersebut untuk transaksi lintas batas.

Namun, proyeksi berbeda diungkapkan Atlantic Council's GeoEconomics Center melalui laporan terbarunya yang menyimpulkan bahwa dolar AS masih akan tetap menjadi mata uang cadangan utama dunia. Laporan baru Atlantic Council's GeoEconomics Center mengungkapkan euro maupun negara-negara BRICS belum bisa mengurangi ketergantungan dunia terhadap dolar AS.

Kelompok 'Dollar Dominance Monitor' mengatakan bahwa dolar terus mendominasi kepemilikan cadangan devisa, faktur perdagangan dan transaksi mata uang secara global dan perannya sebagai mata uang cadangan global utama aman dalam jangka pendek maupun menengah.

Negosiasi seputar sistem pembayaran intra-BRICS dinilai masih dalam tahap awal. Perjanjian bilateral dan multilateral dalam kelompok ini, meski dapat membentuk dasar untuk platform pertukaran mata uang dari waktu ke waktu, namun tidak mudah diukur karena dinegosiasikan secara individual.
(fjo)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More