Pentingnya Pembayaran Real-Time Jadi Sorotan di DigiBank Summit 2024

Minggu, 04 Agustus 2024 - 10:58 WIB
"Beberapa penelitian menempatkan Indonesia sebagai peringkat ke-8 di dunia dan ke-3 di Asia Pasifik dalam hal pertumbuhan, dengan sekitar 1,9 miliar transaksi pada tahun 2023 atau pertumbuhan 267% YoY antara tahun 2022-2023. Kita dapat mengharapkan ada 12 miliar transaksi pada tahun 2028, namun ini hanya akan menjadi 13% dari total transaksi pembayaran. Masih ada ruang untuk pertumbuhan lebih lanjut," paparnya.

Ivan Irawan juga menekankan, pentingnya sistem pembayaran real-time di Indonesia. Menyaksikan pertumbuhan pembayaran real-time di Indonesia menurutnya sangat menarik karena kita mungkin mendapatkan wawasan baru dari perilaku pembayaran untuk memiliki dimensi baru dalam penilaian kredit, selain hanya data kredit.

"Pembayaran real-time semakin penting dalam ekosistem perbankan digital. Dengan adopsi teknologi yang tepat dan dukungan regulasi yang kuat, Indonesia semakin mendekati realisasi pembayaran real-time yang menyeluruh. Namun, tantangan teknologi dan regulasi masih perlu diatasi," ujar Ivan.

Dalam konteks industri kredit biro, Ivan menjelaskan, bahwa sistem pembayaran real-time dapat memberikan dimensi baru dalam penilaian kredit. Integrasi data pembayaran real-time dengan data kredit tradisional akan memungkinkan evaluasi yang lebih akurat terhadap perilaku pembayaran nasabah.

"Kolaborasi antara pihak pemerintah, penyedia layanan keuangan, dan penyedia teknologi adalah kunci untuk mencapai tujuan ini khususnya agar semua pihak bisa mematuhi regulasi yang ada. Kami di CBI berkomitmen untuk mendukung langkah-langkah ini dengan menyediakan data yang akurat dan layanan analisis yang dapat diandalkan," jelas Ivan.

Acara ini memberikan landasan kuat bagi para pemangku kepentingan di sektor keuangan untuk bersama-sama mencari solusi-solusi terbaik dalam menghadapi era digital yang semakin mengglobal. Indonesia's Premier Event on Digital Banking Transformation tidak hanya menjadi ajang untuk bertukar ide dan pengalaman, tetapi juga sebagai wadah untuk menginspirasi langkah-langkah strategis yang akan membentuk masa depan perbankan digital Indonesia.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More