Lebih dari 1.200 Peserta, BCA UMKM Fest 2024 Dorong Perluasan Akses Pasar Pengusaha Lokal

Kamis, 08 Agustus 2024 - 17:05 WIB
Sektor UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia selama ini. Per 2023, kontribusi UMKM mencapai 61% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia serta menyerap sekitar 117 juta pekerja (97%) dari total tenaga kerja.

"Jumlah UMKM yang terus bertambah setiap tahun mencerminkan semangat masyarakat dalam membangun usaha, dan membuktikan bahwa peran UMKM cukup signifikan bagi kondisi perekonomian nasional. BCA UMKM Fest patut diberikan apresiasi karena tidak hanya memberikan dukungan kepada pelaku usaha kecil dan menengah, tetapi juga membuka peluang besar bagi masyarakat agar bisa menemukan produk-produk unggulan lokal dan mendukung ekonomi kreatif,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

BCA sebagai lembaga perbankan senantiasa mendampingi perkembangan UMKM dan berusaha menyediakan akses keuangan yang menjangkau pelaku usaha di berbagai daerah. UMKM Fest menjadi salah satu cara BCA membantu pelaku usaha menjangkau pasar lebih luas. Pada UMKM Fest 2023, volume transaksi yang dihasilkan dari kegiatan offline dan online mencapai lebih dari 79.000. Hal ini menunjukkan antusiasme tinggi masyarakat menelusuri dan membeli produk-produk lokal.

Selain melalui UMKM Fest, BCA juga memiliki kegiatan lain yang mendukung perkembangan pelaku usaha kecil dan menengah seperti BCA Bangga Lokal dan BCA UMKM Pride 2024. BCA juga turut memfasilitasi UMKM dengan workshop dan penerbitan sertifikat halal, yang tahun ini ditargetkan menjangkau 2.000 pelaku usaha.

Pada 2023 lalu, BCA membantu penerbitan 1.000 sertifikat halal bagi UMKM dan upaya tersebut menempatkan perseroan di peringkat kedua nasional sebagai lembaga dengan kuota sertifikat halal terbanyak. Dalam hal pembiayaan, BCA telah menyalurkan kredit UKM Rp114,4 triliun, naik 12,7% secara YoY (year-on-year) per Juni 2024. Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM) BCA mencapai 22,2% per Juni 2024.

Pada BCA UMKM Fest 2024, BCA tidak hanya berperan sebagai penyedia layanan pembayaran dan fasilitator UMKM berjualan, tetapi juga menawarkan berbagai promo menarik untuk pengguna setia produk dan layanan perseroan.

Berbagai promo yang bisa dinikmati seperti voucer belanja hingga Rp200 ribu dengan pembelanjaan menggunakan QRIS di myBCA/BCA mobile/Sakuku, Paylater BCA, atau Kartu Kredit BCA. Selain itu, terdapat promo 2x voucer belanja dengan menukarkan Reward BCA, serta promo cicilan BCA 0% hingga 12 bulan dengan Kartu Kredit BCA.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More