Dukungan KPI Unit Balikpapan di Balik Proklim Lestari Muara Rapak

Selasa, 24 September 2024 - 22:17 WIB
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan secara aktif mendukung Proklim di wilayah operasinya. FOTO/Ist/Dok.
BALIKPAPAN - Nama Muara Rapak mungkin belum banyak didengar oleh kebanyakan orang, khususnya di luar Kalimantan . Maklum, Muara Rapak hanyalah salah satu dari enam kelurahan yang berada di wilayah Balikpapan Utara, Kota Balikpapan , Kalimantan Timur.

Kendati demikian, kelurahan tersebut ternyata menyimpan prestasi besar di bidang lingkungan, yakni meraih Proklim Lestari, penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam ajang Program Kampung Iklim (Proklim). Melalui Proklim, KLHK mengampanyekan isu-isu lingkungan hidup dan perubahan iklim serta mendorong partisipasi berbagai elemen masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan.

Proklim Lestari yang diperoleh Muara Rapak itu tak lepas dari kiprah Prayitno, Ketua Proklim Semarak Kelurahan Muara Rapak, bersama rekan-rekannya. Mereka giat membina 10 Proklim yang tersebar di kelurahan-kelurahan lainnya, dengan sebaran mencapai 55 Rukun Tetangga (RT).





Prayitno bercerita, berbagai pembinaan diberikan kepada masyarakat, mulai dari ketahanan pangan pada kampung toga, bududaya magot, kolam ikan, budidaya madu kelulut, dan lain-lain. Ada pula pengolahan air hujan untuk berbagai kepentingan, pembuatan biopori, hingga pengelolaan sampah organik dan anorganik.

"Di lingkungan kami, ada bank sampah yang sangat bagus. Sampah dipilah, diolah, dan bahkan dijual lagi. Hasilnya buat kegiatan lingkungan lainnya. Keterlibatan warga itu kunci utama keberhasilan kami. Semua bahu-membahu untuk menjaga lingkungan," ungkap Prayitno.

Aksi bahu-membahu yang diungkapPrayitno tersebut rupanya tak hanya di antara warga. Di balik keberhasilan itu, ternyata ada kontribusi besar dari PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan. Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Kilang Balikpapan berjalan beriringan dengan masyarakat dalam merespons perubahan iklim, pelestarian lingkungan dan mengembangkan ekonomi berkelanjutan.

Sinergi itulah yang mengantarkan perusahaan dan masyarakat Balikpapan meraih sederet penghargaan dari KLHK. Untuk diketahui, Kilang Balikpapan telah meraih PROPER Hijau pada 2021, PROPER Biru pada 2022, PROPER Hijau di 2023, dan apresiasi sebagai Perusahaan Pendukung Proklim 2023 dan 2024.

"Dalam menjalankan operasionalnya, PT KPI Unit Balikpapan selalu mengedepankan integrasi komitmen lingkungan, sosial, dan tata kelola dalam strategi bisnis serta tujuan pembangunan berkelanjutan melalui program TJSL perusahaan," terang Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Dodi Yapsenang.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More