Infrastruktur China di Asia Tenggara Makin Mencengkeram, Jebakan atau Peluang?

Kamis, 03 Oktober 2024 - 10:29 WIB
Mengutip survei oleh Institut ISEAS-Yusof Ishak yang berbasis di Singapura yang dirilis pada bulan April, dia memperingatkan bahwa penurunan dukungan untuk AS di kawasan itu mengharuskan Washington untuk membunyikan alarm, "melihat China sebagai pesaing utamanya dan Indo-Pasifik sebagai medan pertempuran kritis".

"Asia Tenggara terletak di jantung geografis dari wilayah yang luas dan dinamis ini," tambahnya.

Beberapa rencana yang dipimpin Washington mencakup pembangunan infrastruktur Asia Tenggara. Kerangka Kerja Ini termasuk Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik untuk Kemakmuran, Kemitraan untuk Infrastruktur dan Investasi Global, inisiatif Build Back Better World, dan Blue Dot Network.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada awal tahun ini, Yan Shaojun, seorang peneliti di lembaga think tank China Centre for International Economic Exchanges yang didukung pemerintah, mengatakan bahwa infrastruktur menjadi elemen kunci dalam persaingan kekuatan besar.

Yan memperingatkan, bahwa AS dan negara-negara Barat lainnya kemungkinan akan melanjutkan "campur tangan" mereka dalam rencana Beijing untuk membangun perdagangan global dan hubungan infrastruktur - dan "wilayah tetangga" termasuk Asia Tenggara akan menjadi "prioritas utama" bagi China dalam menstabilkan fondasi strategi.

"(Kita) harus lebih memanfaatkan keunggulan unik provinsi perbatasan seperti Guangxi dan Yunnan dalam membuka diri ke ASEAN untuk mempromosikan kerja sama antara Tiongkok dan ASEAN di bidang-bidang seperti infrastruktur," tulisnya.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More