1 Dekade Presiden Jokowi: Mega Proyek IKN Jadi Magnet Investasi

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 22:52 WIB
Pembangunan infrastruktur dan Ekosistem Tiga Kota bertujuan menjadikan kawasan ini sebagai destinasi utama FDI di sektor-sektor ekonomi prioritas Indonesia, serta masuk dalam lima besar destinasi teratas di Asia Tenggara.

Upaya ini juga mencakup pengembangan jaringan utilitas berkelanjutan melalui penerapan enablers ekonomi sirkuler, serta pengembangan pusat inovasi dan talenta.

4. Tahapan target 2045-seterusnya

Memantapkan diri sebagai "Kota Dunia untuk Semua," kota ini berambisi menjadi yang terdepan di dunia dalam daya saing. Dengan masuk ke dalam daftar 10 Kota Paling Layak Huni.

Kota ini juga menargetkan pencapaian emisi karbon nol bersih serta penggunaan 100 persen energi terbarukan pada kapasitas terpasang, menjadikannya IKN sebagai kota pertama di dunia dengan populasi lebih dari 1 juta jiwa yang berhasil mencapai tujuan tersebut.

Pemerintah yakin bahwa melalui setiap tahapan yang berjalan, IKN akan berkembang menjadi pusat pemerintahan yang modern, berkelanjutan, dan siap beroperasi sepenuhnya pada tahun 2045, bertepatan dengan peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

IKN dirancang untuk mendukung pencapaian target Indonesia sebagai negara maju, sesuai dengan Visi Indonesia Emas 2045. Dengan mengusung identitas nasional, IKN diharapkan mengalihkan fokus pembangunan menjadi lebih Indonesia-sentris dan mempercepat transformasi ekonomi negara.

Tahapan pembangunan ini juga diharapkan menjadi langkah bersejarah dalam menciptakan pemerataan pembangunan di setiap antarwilayah dan mengurangi beban Jakarta sebagai pusat pemerintahan.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More