Indonesia Resmi Sambangi KTT BRICS 2024, Menlu Sugiono Pakai Pesawat Canggih TNI AU

Rabu, 23 Oktober 2024 - 18:29 WIB
Menlu, Sugiono mendapatkan tugas pertama sebagai Menlu untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS Plus 2024 yang diselenggarakan pada 23-24 Oktober 2024. Foto/Dok
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu), Sugiono mendapatkan tugas pertama sebagai Menlu untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT BRICS Plus 2024 yang diselenggarakan pada 23-24 Oktober 2024. Sugiono yang sudah mendarat di Rusia pada Selasa (22/10) malam terpantau menggunakan Pesawat Falcon 8X A-0802 milik TNI Angkatan Udara (AU) .

Sugiono akan menjadi wakil Presiden Prabowo Subianto sebagai utusan khusus dalam KTT BRICS. Kunjungan ini juga menjadi kunjungan resmi perdananya melakukan kerja-kerja diplomasi RI.





“Menlu Sugiono ditugaskan hadir sebagai Utusan Khusus Presiden RI Prabowo Subianto pada pertemuan tersebut. Kunjungan ini adalah kunjungan resmi perdana Menlu Sugiono setelah resmi dilantik sebagai Menteri Luar Negeri RI,” dikutip dari keterangan resmi Kemlu RI, Selasa (22/10/2024).

Saat tiba di bandara, Sugiono langsung disambut oleh pejabat setempat, dan bahkan sempat disuguhi makanan khas dari Rusia. Nantinya, dalam KTT BRICS Plus 2024, ada sejumlah misi yang akan disampaikan menlu.

Mewakili Indonesia, Menlu Sugiono akan menyuarakan pesan perdamaian dan pentingnya negara berkembang serta Global South menguatkan solidaritasnya. Selain itu memainkan peran untuk menciptakan tatanan dunia yang lebih adil, inklusif dan setara.

Tak hanya menghadiri acara KTT BRICS, Sugiono juga dijadwalkan melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa negara sahabat untuk membahas isu bilateral kawasan dan global.



Sebelum terbang ke Rusia, sempat transit di Aceh yang merupakan tanah kelahirannnya dalam perjalanan menuju tugas pertama sebagai Menteri Luar Negeri RI. BRICS Plus Summit di Kazan, Russia bakal menjadi tugas pertama Sugiono setelah dilantik menjadi Menteri Luar Negeri RI dalam Kabinet Merah Putih.
(akr)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More