Dolar Baru Zimbabwe Belum Diterima, ZiG Dihantam Banyak Tekanan

Kamis, 24 Oktober 2024 - 22:24 WIB
Tetapi pedagang pasar tidak yakin. "ZiG semakin lemah sehingga tidak masuk akal secara bisnis untuk bertransaksi dengannya. Saya tidak percaya pada ZiG. Kami pernah ke sini sebelumnya dengan Zimdollar," kata Maynard Maketo, seorang pedagang kaki lima yang menjual permen dan kartu isi ulang.

Menurut Pricecheck, sebuah situs web yang melacak nilai tukar, ZiG diperdagangkan antara 20 ZiG dan 26 ZiG per USD1 di pasar gelap dan 13,9 ZiG terhadap USD1 di bursa resmi.



Carol Munjoma, seorang pedagang di pusat kota Harare yang menjual bahan makanan, mengaku bertransaksi secara eksklusif dalam dolar AS. "Di mana saya membeli bahan makanan ini, mereka tidak menerima ZiG. Jadi untuk melindungi bisnis saya, saya mengenakan biaya dalam dolar AS. ZiG harus stabil untuk diterima di sini," kata ibu dua anak itu.

Pada bulan Juli, kepala bank sentral Mushayavanhu mengatakan, kepada Reuters bahwa pihak berwenang akan tetap berpegang pada janji untuk membangun kepercayaan pada mata uang baru, sebuah sentimen yang digaungkan oleh Gwanyanya.

"Masih terlalu dini untuk mempertimbangkan bahwa ini mungkin kematian ZiG," kata Gwanyanya.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More