Ramalan Krisdayanti Sebut Bakal Banyak Startup Berguguran

Rabu, 25 November 2020 - 14:50 WIB
Anggota Komisi IX DPR Krisdayanti mengatakan, hingga akhir tahun diproyeksi 15 juta pekerja akan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat dampak dari Pandemi Covid-19 dan membuat startup berguguran. Foto/Dok
JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Krisdayanti mengatakan, hingga akhir tahun diproyeksi 15 juta pekerja akan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat dampak dari Pandemi Covid-19. Gelombang PHK ini diyakini tidak terkecuali juga bakal menerpa perusahaan rintisan, startup yang membuatnya berguguran.

"Karena ini (resesi akibat pandemi) jumlah pekerjaan ada 15 juta terimbas di akhir tahun 2020 nanti, yang mana perusahaan startup akan berguguran," kata Krisdayanti dalam video virtual, Rabu (25/11/2020).

(Baca Juga: Genjot Daya Saing Sektor IKM, Ekosistem Startup Dibentuk )

Kata dia, daya beli masyarakat menurun di seluruh wilayah Indonesia, hingga membuat usaha kecil dan menengah (UMKM) tertekan. Pada akhirnya terang dia, membuat UMKM harus menelan kerugian besar.

"Ini juga mereka UMKM mati-matian, tapi daya beli kecil dan pekerjaan yang akan tambah tidak mengcover banyak pengangguran," tandasnya.



(Baca Juga: Menaker Sebut dari 10 Pekerjaan Ini Banyak yang Kena PHK )

Sebagai informasi, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sebanyak 29,12 juta orang penduduk usia kerja terdampak pandemik Covid-19. Rinciannya, dari 29,12 Juta orang yang terdampak pandemi, yakni pengangguran karena Covid-19 sebesar 2,56 juta orang, bukan angkatan kerja karena Covid-19 sebesar 0,76 juta orang.
(akr)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More