IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat Menuju 7.200, Didorong Saham-saham Big Caps

Selasa, 30 April 2024 - 07:51 WIB
loading...
IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat Menuju 7.200, Didorong Saham-saham Big Caps
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diprediksi dalam kecenderungan menguat pada sepanjang perdagangan dengan pergerakan indeks akan berada di kisaran 7.000 – 7.200. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini diprediksi dalam kecenderungan menguat pada sepanjang perdagangan dengan pergerakan indeks akan berada di kisaran 7.000 – 7.200.Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto mengatakan, dari perdagangan sebelumnya, IHSG dapat pertolongan dari saham-saham Prajogo Pangestu.

"Jika kita melihat pergerakan saham- saham big caps yang secara historis adalah penggerak IHSG, mungkin kita akan sepakat dengan pendapat bahwa IHSG mungkin tidak akan menguat sampai 1% pada perdagangan kemarin," tulis William dalam analisisnya, Selasa (30/4/2024).



Menurut William, kenapa bisa terjadi penguatan hingga 1% lebih? Jawabannya ada pada penguatan saham-saham Prajogo Pangestu yang kini sudah turut menjadi saham big caps.

"Jika bukan bantuan dari saham-saham ini, grafik pergerakan IHSG mungkin masih tidak menarik," katanya.



Namun memang jika hanya bicara grafik berarti kita sadar bahwa dengan adanya efek saham-saham tertentu, IHSG tidak mewakili pergerakan saham secara merata dan pilihan saham menjadi sedikit.

"Itulah mengapa sebagian dari Anda mungkin menemukan kesulitan untuk meraih profit dari saham lain," ujar William.

Indikator MACD pada IHSG memperlihatkan pembentukan bullish divergence, IHSG memiliki peluang rebound, dan potensi untuk mengakhiri pelemahan pada 7000.

Secara teknikal, masih menguji support psikologis pada 7000. Penguatan yang terjadi pada IHSG beberapa hari ke belakang adalah efek dari saham-saham big caps tertentu saja, misalnya saham-saham Prajogo Pangestu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)