Perang Dagang, Seruan Boikot Produk China Menggema di Australia

Jum'at, 11 Desember 2020 - 16:00 WIB
Profesor University of Sydney Business School Hans Hendrischke mengatakan, Australia adalah mitra dagang kecil dan tidak ada boikot yang dapat merugikan China. Sebaliknya, langkah itu hanya dapat merugikan negara itu sendiri.

Paling banter, kata dia, aksi boikot ini hanya memberi "momen menyenangkan" saja bagi konsumen yang merasa puas setelah memboikot barang impor China, atau tidak membeli dari bisnis lokal yang dimiliki China.

"Ini benar-benar hanya akan berdampak dalam arti politik, di dalam negeri, di mana kami akan merasa kami memiliki beberapa lembaga," kata Hendrischke kepada NCA NewsWire.

"Itu tidak akan berdampak ekonomi pada China karena ada asimetri total, mereka menjadi klien utama Australia dan kita adalah salah satu klien global mereka, dan dalam hal ini klien kecil, untuk semua barang standar yang mereka ekspor ke seluruh dunia," paparnya.

Dia menambahkan, jika masyarakat Australia membeli lebih sedikit barang China, hal itu tidak akan membuat perbedaan. Pasalnya, posisi kedua negara kurang seimbang.

Profesor Emeritus Griffith University Colin Mackerras juga mengkritik seruan boikot. Dia mengklaim bahwa hal itu akan menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.

"Kita seharusnya tidak mulai memboikot barang-barang China dan bahkan memboikot produsen anggur Australia milik China," katanya. "Menghindari produk buatan China dengan sengaja seperti melukai diri sendiri, dan saya yakin itu konyol," imbuhnya.
(fai)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More