Wamendag Minta BBJ Tingkatkan Sosialisasi Pasar Berjangka Komoditi

Selasa, 05 Januari 2021 - 21:57 WIB
(Baca Juga: Komoditas Ini Bikin Ekspor November 2020 Surplus) "Bahkan di tahun 2020 kemarin, yaitu saat puncak pandemi, Indonesia justru mencatat surplus neraca perdagangan yang nilainya sekitar USD20 miliar. Ini tentu menjadi modal optimisme kita di tahun 2021 bahwa kita bisa berkinerja lebih baik lagi," ungkap mantan Anggota Komisi I tersebut.

Untuk itu, pemerintah akan terus meningkatkan kinerjanya dengan mendekatkan diri pada seluruh pelaku usaha maupun stakeholder lainnya. Jerry menegaskan, Kemendag selalu siap mendengarkan, memberikan fasilitasi dan pendampingan agar kinerja ekspor Indonesia meningkat.

Selain upaya-upaya itu, jerry juga menguraikan tekad pemerintah untuk menyelesaikan berbagai perjanjian perdagangan serta menjamin implementasi perjanjian perdagangan yang sudah ada. Pada tahun 2020, Indonesia tercatat menyelesaikan beberapa perjanjian perdagangan penting antara lain RCEP, IA-CEPA, AHK FTA dan fasilitasi General Preference System (GPS) dari Amerika Serikat.

"Diharapkan pada tahun 2021 Indonesia-Uni Eropa CEPA bisa diselesaikan agar pasar ekspor Indonesia semakin luas dan semakin kompetitif," tambahnya.
(fai)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More