Corona Kills Everything (1)

Sabtu, 16 Mei 2020 - 09:07 WIB
Yuswohadi. Foto/Istimewa
Yuswohady

Managing Partner Inventure

Covid-19 tak hanya membunuh manusia. Covid-19 juga membunuh produk.Covid-19 juga membunuh bisnis dan industri. Bahkan Covid-19 membunuh kebiasaan-kebiasaan kita.

Dalam buku Corona Kills Everything (2020) yang akan diterbitkan 3 minggu lagi, saya mengumpulkan 80 produk, bisnis, dan kebiasaan yang dibunuh oleh Covid-19. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

#1. Handshake & "Cipika-Cipiki"



Tradisi jabat tangan sudah ada sejak abad V sebelum Masehi di masa Kerajaan Yunani Kuno. Jabat tangan adalah simbol dari perdamaian untuk menunjukkan bahwa masing-masing yang berjabat tangan tidak membawa senjata untuk saling melukai atau membunuh.

Namunm, celaka, tradisi yang sudah berlangsung berabad-abad itu bakal punah oleh adanya Covid-19. Dengan adanya social distancing dan contact-free lifestyle yang muncul karena adanya Covid-19, kita tidak lagi berjabatan tangan untuk menghindari persebaran virus mematikan tersebut.

Tak hanya itu, tradisi berpelukan dan "cipika-cipiki" yang selama ini menjadi simbol persaudaraan dan keakraban bakal terancam punah karena kita takut tertular Covid-19. (Baca: KSPI Sebut Dana Rp20 Triliun Tak Cukup untuk Korban PHK)

#2. Consumer Confidence
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More