Pabrik Daur Ulang Botol Plastik Raksasa RI Resmi Beroperasi

Rabu, 30 Juni 2021 - 21:05 WIB
Pabrik daur ulang dan pemrosesan ulang botol plastik PET (Polyethylene Terephthalate) di kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) resmi beroperasi.
JAKARTA - Pabrik daur ulang dan pemrosesan ulang botol plastik PET (Polyethylene Terephthalate) di kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) resmi beroperasi. Pabrik daur ulang terbesar di Indonesia tersebut didirikan PT Veolia Indonesia bekerja sama dengan Danone-AQUA di atas lahan seluas 22.000 meter persegi dengan luas bangunan 7.000 meter persegi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan adanya investasi pabrik daur ulang botol plastik tersebut diharapkan mampu memperkuat memperkuat ekosistem daur ulang dan ekonomi sirkular. Di samping itu diharapkan dapat meingkatkan tingkat pengumpulan sampah plastik di Indonesia sebagai upaya dalam mendukung target pemerintah untuk mengatasi permasalaan sampah plastik di laut hingga 70% pada 2025.

"Kolaborasi pembangunan fasilitas daur ulang botol plastik menunjukkan komitmen kedua perusahaan dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Ini juga selaras dengan komitmen pemerintah dalam menciptakan industri hijau melalui produk daur ulang," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat peresmian pabrik berkapasitas 25.000 ton per tahun itu dilakukan secara daring, Rabu (30/6/2021).



Dia mengatakan, rantai industri daur ulang plastik merupakan circular economy yang banyak menjadi sorotan. Sektor industri ini mengolah sisa-sisa kemasan sekali pakai dan barang-barang plastik lainnya menjadi produk bernilai tambah, mulai dari resin daur ulang hingga produkproduk jadi seperti barang-barang dari plastik, tekstil, dan palet. Populasi industri daur ulang plastik di Indonesia berjumlah sekitar 600 industri besar dan 700 industri kecil dengan nilai investasi mencapai Rp 7,15 trilliun dan kemampuan produksi sebesar 2,3 juta ton per tahun dengan nilai tambah mencapai lebih dari Rp 10 trilliun per tahunnya.



Sektor industri daur ulang plastik nasional akan terus bertumbuh seiring meningkatnya konsumsi plastik dalam negeri, serta makin terbukanya pasar ekspor setelah China menutup sektor industri

tersebut sejak tahun 2017. "Perlu saya sampaikan bahwa masih terdapat 50% idle capacity industri daur ulang plastik yang dapat dioptimalkan dengan penerapan circular economy, sehingga sampah plastik dapat diolah menjadi komoditi yang dapat digunakan kembali

sebagai sumber daya bernilai ekonomi termasuk untuk kemasan botol plastik PET," kata dia.

President Director of Danone-AQUA Connie Ang mengatakan dukungan yang diberikan Danone-AQUA terhadap pabrik Veolia Indonesia merupakan bentuk investasi jangka panjang. Terutama dalam membangun ekosistem daur ulang plastik di Indonesia dengan memastikan pasokan botol plastik PET bekas berkualitas.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More