Harga Sawit Naik, Investor Cermati Rencana IPO Perusahaan Perkebunan

Kamis, 28 Oktober 2021 - 09:25 WIB
PT Nusantara Sawit Sejahtera yang akan melepas saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebelum akhir tahun ini. Foto/Ist
JAKARTA - Lonjakan harga sawit di pasar global mendorong pelaku pasar mencermati rencana IPO ( Initial Public Offering ) PT Nusantara Sawit Sejahtera (NSS) yang akan melepas saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebelum akhir tahun ini. Usia tanaman, lokasi kebun dan pabrik, serta kepastian pemasaran produk menjadi pertimbangan pelaku pasar dalam menjadikan emiten kelapa sawit pilihan investasi.

Vice President/Senior Technical Portfolio Advisor PT Samuel Sekuritas Indonesia (Samuel Sekuritas), Muhammad Alfatih, mengatakan sebagai perusahaan yang berdiri tahun 2008, maka kemungkinan tanaman sawit milik PT Nusantara Sawit Sejahtera sedang berada dalam puncak produksinya.



Sebagai pemilik tanaman muda, perusahaan perkebunan masih terhindar dari faktor biaya peremajaan tanaman dan penurunan produksi akibat usia tanaman dalam jangka waktu yang relatif panjang.

“Keunggulan lain adalah dari lokasi yang relatif dekat dengan pelabuhan, sehingga biaya juga semakin efisien. Selain itu, dari kontrak pembelian yang sudah dimiliki sehingga pemasaran lebih stabil,” kata Alfatih menjelaskan daya tarik saham NSS, Kamis (28/10/2021).



Dilihat dari prospek kenaikan harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO), Alfatih berpendapat, secara umum saham perusahaan perkebunan sawit saat ini sangat menarik untuk dijadikan pilihan investasi atau transaksi di pasar saham.

“Menurut saya, saham sektor perkebunan kelapa sawit sangat menarik untuk menjadi pilihan karena dari harganya saat ini termasuk rendah dibandingkan pada 2 hingga 3 tahun lalu. Di sisi lain, harga penjualan minyak kelapa sawit justru sedang tertinggi selama 3 tahun terakhir,” jelasnya.

Selain itu, dia mengatakan saham emiten sawit termasuk Laggard Stock di Bursa Efek Indonesia. Memang, kinerja sahamnya di bawah rata-rata benchmark atau setara punya tingkat keuntungan yang lambat dibandingkan pergerakan pasar.

Namun, sebenarnya kondisi ini memberikan peluang rebound dan justru memberikan peluang beli bagi investor. Apalagi, dari sisi fundamental relatif baik. Saat ini, harga komoditas sedang naik sesuai dengan siklus sektoral setelah krisis pandemi Covid-19 yang cenderung mereda.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More