India Larang Ekspor Gandum, Pengusaha Terpaksa Naikkan Harga Mi, Roti hingga Biskuit

Jum'at, 20 Mei 2022 - 19:36 WIB
"Saat ini sudah banyak perusahaan yang melakukan inovasi-inovasi untuk menggantikan sebagian terigu. Karena sifat tepung itu kan berbeda-beda, tidak bisa 100% digantikan. Karena kalau kita mempertahankan mutu, tentunya harus ada keterbatasan. Tapi saya tahu sudah banyak perusahaan yang melakukan substitusi apakah itu dengan tapioka, sagu, sorgum," bebernya.

Adhi menilai, Indonesia masih mempunyai harapan untuk bisa merayu India agar mengizinkan melakukan ekspor gandum ke Indonesia, asalkan ada pembicaraan antara pemerintah kedua negara (government to government/G2G).

Kemudian, dia berharap, pemerintah bisa menjaga daya beli masyarakat kelas bawah mengingat kondisi harga pangan yang sedang mengalami kenaikan.

"Karena kenaikan harga ini sudah terjadi mau tidak mau pemerintah harus bisa menjaga daya beli masyarakat kelas bawah, entah itu bisa dengan program bantuan tunai dan lain-lain karena ini akan sangat membantu untuk sementara waktu," paparnya.

Lebih lanjut, diharapkan pemerintah juga mereview regulasi-regulasi biaya tambahan sehingga para industri tidak terbebani dan harga jual ke masyarakat tidak naik terlampau tinggi.
(ind)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More