Catat, Ini Dia Tips Memilih HR Software yang Tepat untuk Perusahaan

Selasa, 30 Agustus 2022 - 20:13 WIB
Payroll management atau payroll tools akan mempermudah Anda untuk mengelola payroll secara keseluruhan sambil meminimalisir kesalahan dalam hal kalkulasi yang dilakukan manual, data yang lebih terorganisir, dokumentasi yang lebih mudah dibuat (termasuk halnya perpajakan). Sehingga Anda dapat menghemat lebih banyak waktu.

Setiap HRD tentu mengetahui jika perhitungan gaji karyawan yang dilakukan setiap bulannya tidaklah membutuhkan waktu yang sebentar. HRD harus menghitung seluruh komponen gaji karyawan dengan baik mulai dari menghitung jumlah kehadiran karyawan, menghitung PPH 21 karyawan, menghitung bonus karyawan dan yang terakhir menghitung BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan.

Tentu saja segala proses perhitungan tersebut tidak dapat dilakukan dengan cepat karena butuh ketelitian agar tidak terjadi salah hitung yang akan merugikan keduabelah pihak baik pihak perusahaan maupun pihak karyawan. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan harus mencari HR software terbaik yang agar segala proses perhitungan gaji karyawan dapat diselesaikan dengan lebih akurat dan efesien. Lalu bagaimana cara memilih HR software terbaik untuk perusahaan? Berikut tipsnya.

Pastikan HR Software Mudah untuk Dipahami

Tentu akan sia-sia jika menggunakan HR software terbaik yang memiliki beragam fitur yang berguna dalam proses penggajian namun sulit untuk dipahami oleh divisi Human Resource. Untuk itu, sebelum memilih HR software terbaik anda harus mengetahui bagaimana proses penggunaanya terlebih dahulu, anda harus mengetahui apakah HR software yang tersebut akan mudah dipahami oleh karyawan anda atau tidak.

Namun perlu anda garis bawahi kemudahan dalam penggunaanya bukan berarti harus mengorbankan berbagai fitur penting yang seharusnya ada didalam HR software seperti perhitungan absensi, cuti, PPH 21, BPJS Ketenagakerjaan & Kesehatan dan penggajian. Pastikan HR software yang anda gunakan bukan hanya mudah untuk digunakan namun juga memiliki fungsi yang dapat berjalan maksimal.

Pilih HR Software yang Memiliki Proses Akurat dan Sudah Teruji

Untuk mendapatkan HR software terbaik, anda harus memastikan jika segala proses yang dilakukan didalam HR software tersebut berjalan dengan baik dan akurat. Tentu akan sangat merepotkan jika harus menghitung ulang seluruh komponen penggajian secara manual untuk memastikan apakah perhitungan gaji karyawan sudah akurat atau tidak.

Oleh karena itu pastikan HR software yang anda pilih mampu melakukan proses perhitungan gaji karyawan dengan akurat dan efesien. Dengan begitu HRD tidak perlu mengecek satu persatu seluruh penggajian karyawan yang ada diperusahaan.

Lihat Fitur yang Disediakan oleh HR Software
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More