Transaksi Belanja Mudah Tanpa Tekor, Kenali Dulu Plus-Minus Paylater

Sabtu, 17 September 2022 - 11:55 WIB
Kekurangan Paylater

Sama dengan falilitas pembayaran lainnya, paylater juga memiliki sejumlah kekurangan. Hal ini tentu sangat wajar, apalagi jika paylater tersebut tidak digunakan dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah beberapa kekurangan paylater yang perlu Anda pahami dengan baik:

1. Jadi lebih boros

Sistem pembelanjaan online yang mudah akan jauh lebih praktis ketika dilakukan menggunakan paylater. Anda bisa membeli apapun dan kapanpun dengan cepat, bahkan ketika sedang tidak memiliki uang. Hasilnya, berbagai barang belanjaan akan datang dengan mudah dan cepat ke rumah, tanpa perlu bersusah payah atau menunggu tanggal gajian tiba.

Namun di balik semua kemudahan tersebut, resiko pemborosan sangat mungkin terjadi. Berbagai tagihan akan datang dan menjadi beban dalam keuangan. Tidak masalah jika semua tagihan bisa dibayar dengan tepat waktu. Namun jika tidak terbayarkan, resiko masalah keuangan tentu akan sangat rentan terjadi.

2. Risiko keamanan data

Paylater merupakan fasilitas pembayaran yang dibuat dan digunakan secara online. Proses pengajuan dan penggunaan online seperti ini terbilang sangat berisiko bagi keamanan data diri Anda. Di dalam prakteknya, pengajuan aplikasi paylater akan membutuhkan beberapa data vital, termasuk KTP dan yang lainnya.

Selalu ada risiko kebocoran data lewat internet, di mana data diri seseorang jatuh ke tangan orang ataupihak lain yang tidak berkepentingan. Hal ini bisa saja menimbulkan masalah dan kerugian di masa yang akan datang. Jika ingin menghindari risiko keamanan data seperti ini, maka pertimbangkan dengan baik dan ketahui berbagai modus penipuan paylater yang sebelum coba menggunakannya.

3. Menimbulkan kebiasaan berutang

Kemudahan berbelanja menggunakan paylater merupakan ancaman tersendiri bagi keuangan. Fasilitas keuangan ini bisa saja menimbulkan kebiasaan berutang, sebab pembelanjaan bisa dibayar kemudian. Bukan hanya itu saja, paylater juga biasanya akan membuat penggunanya memiliki kebiasaan mencicil.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More