Transaksi Belanja Mudah Tanpa Tekor, Kenali Dulu Plus-Minus Paylater

Sabtu, 17 September 2022 - 11:55 WIB
loading...
Transaksi Belanja Mudah Tanpa Tekor, Kenali Dulu Plus-Minus Paylater
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pesatnya perkembangan teknologi digital melahirkan banyak ragam inovasi dan cara baru dalam bertransaksi. Jika dulu dikenal kartu kredit, saat ini ada layanan paylater yang konsepnya mirip yaitu ‘beli sekarang bayar nanti’.

Merujuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) , paylater adalah layanan untuk memberikan dana untuk sebuah transaksi, kemudian dibayarkan di kemudian hari. Mengutip Cermati, layanan paylater menggunakan teknologi pinjaman uang terbaru dengan konsep online/digital lewat aplikasi yang bisa diunduh pada smartphone.

Mengusung konsep beli sekarang bayar nanti, kemudahan menggunakan paylater sebagai alternatif lain untuk berbelanja pun membuatnya semakin digandrungi oleh banyak orang terutama untuk kegiatan belanja online.

Hadirnya paylater sejak beberapa waktu lalu menjadi akses mudah untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Hal ini akan memungkinkan seseorang untuk memenuhi kebutuhan dengan baik, meskipun di saat tidak memiliki uang.

Namun, hampir sama dengan kartu kredit, paylater juga akan membuat penggunanya berutang. Jika tidak dikelola dengan baik, memanfaatkan fasilitas paylater ini bisa saja membuat Anda terjerat dalam kubangan utang.

Artinya, sangat penting untuk memahami dan menggunakan paylater dengan cara yang tepat, agar fasilitas ini bisa memberikan manfaat positif dalam keuangan. Berikut ini 3 kelebihan dan kekurangan paylater:

Kelebihan Paylater
Jika digunakan dengan bijak, pada dasarnya paylater bisa saja memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya.

Pastikan Anda memahami dengan baik berbagai keuntungan ini, agar penggunaan paylater tersebut selalu bisa memberikan manfaat yang lebih maksimal. Berikut ini adalah beberapa kelebihan penggunaan fasilitas paylater yang bisa dinikmati:

1. Mudah dan praktis
Hampir sama dengan fasilitas pembayaran online pada umumnya, penggunaan layanan paylater memang membuat berbagai transaksi belanja menjadi jauh lebih mudah. Transaksi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, selama tersambung dengan layanan internet.

Hal ini juga akan sekaligus membuat semua transaksi berjalan jauh lebih praktis. Anda tidak lagi perlu membuang waktu untuk sekedar mampir di mesin ATM dan melakukan transfer secara manual, apalagi harus mampir ke bank.

2. Memenuhi kebutuhan belanja di saat mendesak
Membeli sesuatu kerap menjadi kebutuhan mendesak, meskipun Anda sedang tidak memiliki sejumlah uang. Dalam kondisi seperti ini, paylater akan sangat membantu dan membuat semuanya lebih mudah.
Fasilitas pembayaran ini bisa digunakan untuk membayar berbagai barang belanjaan terlebih dahulu. Jika sudah gajian atau memiliki uang, Anda bisa membayarkan tagihannya kemudian. Hal ini akan memungkinkan berbagai kebutuhan tetap bisa terpenuhi dengan baik sepanjang waktu.

3. Mendapatkan promo menarik
Pada umumnya marketplace akan menyediakan pilihan pembayaran paylater dengan keuntungan lainnya berupa promo. Hal ini biasanya dilakukan untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan yang menggunakan paylater itu sendiri.

Promo ini biasanya hadir dalam berbagai bentuk menarik, mulai dari gratis ongkir hingga cashback dalam jumlah tertentu. Semua ini tentu akan membuat pembelanjaan menjadi jauh lebih hemat dan menguntungkan.



Kekurangan Paylater
Sama dengan falilitas pembayaran lainnya, paylater juga memiliki sejumlah kekurangan. Hal ini tentu sangat wajar, apalagi jika paylater tersebut tidak digunakan dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah beberapa kekurangan paylater yang perlu Anda pahami dengan baik:

1. Jadi lebih boros
Sistem pembelanjaan online yang mudah akan jauh lebih praktis ketika dilakukan menggunakan paylater. Anda bisa membeli apapun dan kapanpun dengan cepat, bahkan ketika sedang tidak memiliki uang. Hasilnya, berbagai barang belanjaan akan datang dengan mudah dan cepat ke rumah, tanpa perlu bersusah payah atau menunggu tanggal gajian tiba.
Namun di balik semua kemudahan tersebut, resiko pemborosan sangat mungkin terjadi. Berbagai tagihan akan datang dan menjadi beban dalam keuangan. Tidak masalah jika semua tagihan bisa dibayar dengan tepat waktu. Namun jika tidak terbayarkan, resiko masalah keuangan tentu akan sangat rentan terjadi.

2. Risiko keamanan data
Paylater merupakan fasilitas pembayaran yang dibuat dan digunakan secara online. Proses pengajuan dan penggunaan online seperti ini terbilang sangat berisiko bagi keamanan data diri Anda. Di dalam prakteknya, pengajuan aplikasi paylater akan membutuhkan beberapa data vital, termasuk KTP dan yang lainnya.
Selalu ada risiko kebocoran data lewat internet, di mana data diri seseorang jatuh ke tangan orang ataupihak lain yang tidak berkepentingan. Hal ini bisa saja menimbulkan masalah dan kerugian di masa yang akan datang. Jika ingin menghindari risiko keamanan data seperti ini, maka pertimbangkan dengan baik dan ketahui berbagai modus penipuan paylater yang sebelum coba menggunakannya.

3. Menimbulkan kebiasaan berutang
Kemudahan berbelanja menggunakan paylater merupakan ancaman tersendiri bagi keuangan. Fasilitas keuangan ini bisa saja menimbulkan kebiasaan berutang, sebab pembelanjaan bisa dibayar kemudian. Bukan hanya itu saja, paylater juga biasanya akan membuat penggunanya memiliki kebiasaan mencicil.

Tidak masalah jika cicilan ini bisa dibayarkan dengan baik dan tepat waktu hingga lunas. Namun jika menunggak, maka risiko berurusan dengan kolektor tentu tidak bisa dihindari. Selain itu, kesuksesan melunasi cicilan juga biasanya seringkali diulangi dengan membuat cicilan baru lainnya. Ini akan menjadi kebiasaan buruk an beresiko bagi keuangan.



Pahami Plus-Minus Paylater Sejak Awal dan Cek Legalitasnya

Paylater menjadi salah satu fasilitas pembayaran yang populer dan banyak digunakan. Meski memberikan banyak keuntungan, paylater juga memiliki sejumlah kekurangan yang beresiko menimbulkan masalah.

Agar bijak dalam menggunakan fasilitas keuangan tersebut, pastikan Anda memahami kelebihan dan kekurangan ini dengan baik sejak awal. Selain itu, cermati dan cek legalitas perusahaan penyedia fitur paylater yang akan digunakan, di mana perusahaan yang resmi harus memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) .

Salah satu penyedia fitur paylater di Indonesia adalah Indodana Paylater yang diluncurkan oleh PT Artha Dana Teknologi sejak 2017.

Guna menjamin keamanan pengguna, Indodana Paylater telah terdaftar dan mengantongi izin usaha dari OJK sejak Mei 2020. Sehingga, legalitas dan kredibilitas layanan yang ditawarkan perusahaan ini terjamin.

Layanan Indodana Paylater bisa ditemukan di sejumlah lokapasar atau marketplace dan e-commerce. Selain PayLater, perseroan juga memberikan layanan pinjaman, cicilan tanpa kartu kredit, dan kredit HP.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2306 seconds (0.1#10.140)