Jenis-jenis Mesin Absensi Untuk Absensi Kehadiran di Indonesia, Mana yang Paling Efektif?

Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:38 WIB
Teknologi biometrik digunakan untuk mengukur dan menganalisis karakteristik pribadi, baik itu secara fisik maupun perilaku.

Karakteristik ini termasuk sidik jari, pola suara, ukuran tangan, mata dan lainnya, semuanya digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik manusia dan untuk memverifikasi identitas mereka masing-masing. Dikarenakan beberapa faktor tersebut, maka diciptakanlah mesin absensi biometrik.

Sistem absensi dengan sistem sidik jari atau fingerprint juga merupakan salah satu bentuk absensi biometrik, namun sebetulnya sistem absensi biometrik lebih spesifik daripada sekadar fingerprint.

Teknologi biometrik memungkinkan mesin untuk mendeteksi beragam karakteristik manusia secara lebih spesifik seperti wajah, suara, serta mata manusia.

5. Mesin Aplikasi Absensi Kehadiran Online untuk Absensi Kehadiran

Perkembangan aplikasi absensi kehadiran online merupakan salah satu terobosan penting di bidang teknologi. Aplikasi absensi kehadiransi semacam ini memungkinkan data kehadiran tersimpan dalam database berbasis cloud. Melalui perusahaan tidak perlu menyediakan perangkat absensi secara khusus demi melakukan pencatatan absensi karyawan setiap harinya.

Perusahaan hanya perlu membuat akun khusus yang dapat dikelola oleh admin. Selain itu, masing-masing karyawan juga dapat dibuatkan akun khusus yang digunakan untuk mencatatkan kehadirannya setiap harinya.

Absensi dengan aplikasi absensi kehadiran online juga memungkinkan karyawan mencatatkan kehadirannya ketika melakukan pekerjaan di luar kantor.

Karyawan hanya perlu mengambil foto diri di lokasi tertentu yang sudah disepakati oleh perusahaan. Artinya, karyawan tidak perlu melakukan absensi secara langsung di kantor, misalnya ketika karyawan mendapat tugas di luar kantor.

Pemilihan penggunaan sistem absensi karyawan pada perusahaan tentunya bertujuan untuk memudahkan pencatatan data kehadiran para karyawan serta membantu segala kesulitan terkait dengan kehadiran yang bertujuan untuk mencegah adanya kesalahan dalam pencatatan kehadiran karyawan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More