Babak Belur, Wall Street Ambrol 4 Hari Beruntun Gegara The Fed

Jum'at, 04 November 2022 - 07:44 WIB
Wall Street kembali ditutup melemah 4 hari beruntun pada perdagangan Kamis (3/11/2022) waktu setempat. FOTO/Reuters
JAKARTA - Wall Street kembali ditutup melemah 4 hari beruntun pada perdagangan Kamis (3/11/2022) waktu setempat. Hal itu karena data ekonomi tidak banyak mengubah ekspektasi Federal Reserve akan terus menaikkan suku bunga lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 146,51 poin, atau 0,46%, menjadi 32.001,25, S&P 500 (.SPX) kehilangan 39,8 poin, atau 1,06%, menjadi 3.719,89 dan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 181,86 poin, atau 1,73%, menjadi 10.342,94.

Menyusul pernyataan Federal Reserve pada hari Rabu, komentar dari Ketua Fed Jerome Powell bahwa sangat prematur untuk menghentikan kenaikan suku bunga membuat saham terkoreksi karena imbal hasil obligasi AS dan dolar AS naik, sebuah pola yang berlanjut hingga Kamis.

Data ekonomi pada hari Kamis juga menunjukkan pasar tenaga kerja yang terus tetap kuat, meskipun laporan terpisah menunjukkan pertumbuhan di sektor jasa melambat pada Oktober, menjaga The Fed pada jalur kenaikan suku bunga yang agresif.

"Bertahun-tahun yang lalu tugas The Fed adalah mengambil alih pukulan dan keseimbangan itu selalu merupakan transisi yang sangat sulit, Anda ingin ekonomi melambat untuk menjaga inflasi agar tidak lepas kendali, tetapi Anda ingin pendapatan yang cukup untuk mendukung harga saham," kata Rick Meckler, mitra di Cherry Lane Investments di New Vernon, New Jersey.



"Ini tentang tingkat perubahan sebanyak perubahan sehingga ketika tingkat perubahan mulai melambat ... yang hampir menjadi positif meskipun secara absolut kita akan terus melihat tingkat yang lebih tinggi, dan tingkat yang lebih tinggi berarti lebih banyak. persaingan untuk saham dan kelipatan yang lebih rendah," kata dia.



Sementara para pelaku pasar secara kasar terbagi antara kemungkinan kenaikan suku bunga 50 basis poin dan 75 basis poin pada bulan Desember, puncak suku bunga dana Fed terlihat naik menjadi setidaknya 5%, dibandingkan dengan pandangan sebelumnya tentang kenaikan ke kisaran 4,50%-4,75%.

Investor akan mengamati dengan cermat laporan nonfarm payrolls pada hari Jumat untuk tanda-tanda kenaikan suku bunga Fed mulai memiliki dampak penting pada perlambatan ekonomi. Kenaikan hasil membebani perusahaan pertumbuhan megacap seperti Apple Inc (AAPL.O), turun 4,24%, dan Alphabet Inc (GOOGL.O), yang kehilangan 4,07% dan menurunkan teknologi (.SPLRCT) dan layanan komunikasi (. SPLRCL) sebagai sektor dengan kinerja terburuk pada sesi ini.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More