Resesi Panjang Membayangi, Bank Sentral Inggris Kerek Suku Bunga Terbesar sejak 1989

Jum'at, 04 November 2022 - 07:21 WIB
loading...
Resesi Panjang Membayangi, Bank Sentral Inggris Kerek Suku Bunga Terbesar sejak 1989
Bank Sentral Inggris (Bank of England/BoE) memperingatkan investor bahwa risiko resesi terpanjang Inggris di depan mata. FOTO/REUTERS/Maja Smiejkowska
A A A
LONDON - Bank Sentral Inggris (Bank of England/BoE) menaikkan suku bunga terbesar sejak 1989 memperingatkan investor bahwa risiko resesi terpanjang Inggris di depan mata.

BoE menaikkan suku bunga menjadi 3% dari 2,25% dan memperingatkan bahwa ekonomi Inggris mungkin tidak akan tumbuh selama dua tahun lagi sebagai penurunan terpanjang dalam catatan sejak 1920 jika suku bunga naik sebanyak yang diperkirakan pasar baru-baru ini.

"Kami tidak bisa menjanjikan suku bunga di masa depan, tetapi berdasarkan posisi kami hari ini, kami pikir suku bunga bank harus naik kurang dari harga saat ini di pasar keuangan," kata Gubernur Andrew Bailey, dalam pesan yang tidak biasa dikutip Reuters, Jumat (4/11/2022).



Sterling memperpanjang kerugian besar sebelumnya dan turun hampir 2% terhadap dolar Amerika Serikat (AS), menyentuh level terendah sejak pertengahan Oktober ketika Inggris pulih dari krisis politik yang dipicu oleh rencana pemotongan pajak mantan perdana menteri Liz Truss.

Pada hari Rabu, Federal Reserve juga menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin tetapi mengisyaratkan biaya pinjaman AS kemungkinan akan naik lebih dari yang diantisipasi untuk menghancurkan inflasi. Itu kontras dengan pesan bank sentral Inggris pada hari Kamis.

BoE mengatakan sekarang memperkirakan inflasi akan mencapai level tertinggi 40 tahun sekitar 11% selama kuartal saat ini, lebih dari lima kali target 2%. Tetapi juga berpikir ekonomi telah memasuki resesi yang bisa berarti berkontraksi pada 2023 dan 2024 dan menyusut secara total 2,9%.

Pengangguran akan terus meningkat menjadi 6,4% pada akhir 2025, hampir dua kali lipat dari 3,5% saat ini, tingkat terendah sejak 1974. Namun, prakiraan ini mencerminkan ekspektasi pasar pada akhir Oktober bahwa Suku Bunga Bank akan mencapai puncaknya pada 5,2%, tingkat yang menurut BoE pada hari Kamis tidak akan tercapai.

BoE mengatakan bahwa jika tidak menaikkan suku bunga lebih lanjut, resesi akan lebih pendek dengan seperempat pertumbuhan positif di tengahnya dan kerugian kumulatif 1,7% dari output. Ekonomi Inggris menyusut 6,3% selama krisis keuangan global pada 2008-2009.



Kenaikan biaya pinjaman pada Kamis, terbesar dalam 33 tahun selain dari upaya gagal untuk mendukung pound pada Rabu Hitam pada tahun 1992 - sejalan dengan ekspektasi ekonom dalam jajak pendapat Reuters, tetapi sembilan pembuat kebijakan tidak bulat.

Silvana Tenreyro dan Swati Dhingra memilih kenaikan yang lebih kecil masing-masing seperempat dan setengah persentase poin, menyoroti hambatan dari resesi. Pasar mengharapkan Suku Bunga Bank mencapai puncaknya di sekitar 4,7%, sedikit berubah oleh pengumuman BoE. "Kenaikan 75 basis poin yang dovish seharusnya menjadi kontradiksi dalam hal.. tapi itulah yang tampaknya telah disampaikan oleh BoE," kata ekonom HSBC Liz Martins.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3294 seconds (0.1#10.140)