Kerja Sama Baru Saja Ditingkatkan, Singapura Keburu Resesi

Selasa, 14 Juli 2020 - 12:17 WIB
loading...
Kerja Sama Baru Saja Ditingkatkan, Singapura Keburu Resesi
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ekonomi Singapura dipastikan masuk resesi, setelah pertumbuhan ekonomi Negeri Singa itu minus 41,2% pada kuartal II-2020 dampak pandemi virus corona.

Seperti dikutip dari Bloomberg (14/7), Departemen Perdagangan dan Industri Singapura menyatakan, kontraksi pertumbuhan sebesar 41,2% itu lebih buruk dari survei Bloomberg yang memperkirakan penurunan 35,9%. Sementara, secara year on year (Yoy) atau tahun ke tahun PDB Singapura merosot sebesar 12,6%.

Kemerosotan yang dalam menunjukkan bahwa ekonomi Singapura terpukul oleh pandemi Corona dari semua sisi. Penurunan perdagangan global telah menghantam industri manufaktur yang bergantung pada ekspor.

"Di sisi lain, industri ritel telah melihat rekor penurunan penjualan setelah pemberlakuan tindakan penguncian (lockdown) selama beberapa minggu pada kuartal terakhir. Pemerintah, yang telah memproyeksikan kontraksi ekonomi setahun penuh sebesar 4% -7%, tidak memberikan perkiraan baru," demikian ditulis Bloomberg.

Singapura adalah salah satu negara pertama yang melaporkan data PDB triwulanan. Angka-angka ini menunjukkan bahwa negara itu mendapat pukulan lebih besar dibanding negara-negara lain di Asia. ( Baca juga:Partai Berkuasa Singapura Terpukul oleh Hasil Pemilu )

Resesi yang menimpa Singpura diprediksi akan berdampak pada Indonesia. Pasalnya, resesi itu terjadi ketika kedua negara baru saja mencapai kesepakatan peningkatan perdagangan bilateral di tahun lalu.

Kesepakatan itu awalnya ditandai dengan pertemuan antara Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Chan Chun Sin di sela-sela rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN, Bangkok, Thailand, pada November 2019.

Dalam pertemuan dwi menteri itu, kedua belah pihak sepakat akan meningkatkan kerja sama di enam sektor. Di antaranya, investasi, tenaga kerja, dan transportasi.

Kedua menteri juga membahas perkembangan perundingan kemitraan ekonomi komprehensif regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP). Diskusi soal strategi kendala dan akses pasar pun masuk dalam topik bahasan.

Kedua negara juga bekerja sama dalam mengembangkan Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah. Lalu, juga bekerja sama dalam pengembangan kawasan Nongsa Digital Park di Batam, Kepualaun Riau. Sesuai namanya, fokus proyek ini pada pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital.

Singapura merupakan salah satu mitra dagang terpenting Indonesia. Sepanjang tahun 2009 hingga 2018, rata-rata ekspor Indonesia ke Singapura mencapai USD17 miliar. Komoditas utama yang diekspor adalah elektronik, bahan bakar minyak (BBM), kertas beserta produk turunannya, mutiara, dan timah beserta produk turunannya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)