Tsunami PHK Menggulung Perusahaan Raksasa Dunia di Awal 2023, Ini Daftar Lengkapnya

Kamis, 26 Januari 2023 - 21:35 WIB
loading...
A A A
Pada awal Januari 2023, Platform perdagangan sekaligus dompet mata uang kripto Coinbase bakal mengurangi pegawai sebesar 20% atau setara 950 karyawan dari total karyawannya.

CEO Coinbase Brian Armstrong mengatakan, PHK dilakukan untuk efisiensi operasional perusahaan. PHK ini bukan yang pertama dilakukan Coinbase, usai beberapa bulan sebelumnya memberhentikan 1.100 orang.

Langkah PHK diambil menyusul kejatuhan harga bitcoin dan coin kripto lainnya belakangan ini. Kejatuhan kripto telah menyebabkan krisis kepercayaan di pasar kripto. Banyak investor meninggalkan platform tersebut.

8. McDonald's

Gelombang PHK juga berhembus dari raksasa restoran cepat saji, McDonald's yang dikabarkan akan melakukan PHK kepada para karyawannya dalam waktu dekat. Kabar ini mencuat di awal 2023, usai bocornya sebuah memo oleh CEO McDonald's Chris Kempczinski yang ia tulis kepada para karyawan franchise makan cepat saji ternama di Amerika Serikat itu.

Diketahui, McDonald's sempat menjadi primadona selama masa-masa sulit pandemi Covid-19 di mana lonjakan pemasanan makanannya meningkat. Tetapi inflasi berdampak pada pemasukan perusahaan ketika konsumen mencari pilihan makanan yang lebih murah.

9. Salesforce

Perusahaan perangkat lunak berbasis cloud, Salesforce Inc berencana memangkas jumlah karyawan sebesar 10% dan menutup beberapa kantor di 2023. Pihak perusahaan mengatakan, PHK akan membuat mereka memangkas biaya besar sekitar USD 1,4 miliar hingga USD 2,1 miliar.

Sedangkan hanya sekitar USD 800 juta hingga USD 1 miliar yang akan dicatat pada kuartal keempat. Salesforce akan memangkas sekitar 10% tenaga kerjanya dari lebih dari 70.000 karyawannya.

10. Stitch Fix
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4233 seconds (0.1#10.140)