Layani Jamaah Haji 2023, Garuda Indonesia Tambah Pesawat Sewaan

Jum'at, 27 Januari 2023 - 05:15 WIB
loading...
Layani Jamaah Haji 2023, Garuda Indonesia Tambah Pesawat Sewaan
Garuda Indonesia berencana menyewa sejumlah pesawat yang akan dioperasikan untuk melayani jamaah haji 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia berencana menyewa sejumlah pesawat yang akan dioperasikan untuk melayani jamaah haji pada musim haji tahun ini.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, rencana penyewaan pesawat tersebut dilakukan karena jumlah pesawat Garuda Indonesia yang dapat melayani penerbangan haji 2023 belum banyak.

"Kita sudah kordinasi dengan para ahli penerbangan. Karena (waktu penerbangan) 9 jam, di mana batas antar kursi penting, jumlah toilet itu penting untuk penerbangan sejauh itu yang nonstop ini adalah konfigurasi yang kita miliki saat ini dan apabila Garuda dipercayakan untuk 15 pesawat, kita tidak punya pesawat sebanyak itu saat ini," paparnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VIII DPR RI, dikutip Jumat (27/1/2023).



"Sehingga kita membutuhkan penyewaan pesawat dalam waktu terbatas di musim haji seperti yang dilakukan musim haji di masa lalu," imbuhnya.

Adapun 15 pesawat tersebut, sambung Irfan, jika dengan menggunakan asumsi jumlah jemaah haji pada 2019, maka akan terdiri dari 8 unit pesawat berjenis Boeing 777 dengan kapasitas 393 tempat duduk.



Kemudian, Garuda juga akan mengoperasikan 7 unit pesawat Airbus yang berkapasitas 360 tempat duduk. "Ini sesuai dengan kesepakatan atau sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan oleh Kementerian Agama," tuturnya.

Adapun embarkasi yang akan dilayani maskapai Garuda Indonesia untuk pelayanan haji 2023 adalah Banda Aceh, Medan, Padang, Solo, Jakarta, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3705 seconds (0.1#10.140)