Toyota Indonesia dan Pertamina Bersinergi untuk Penguatan SDM Nasional Menuju Era CASE

Senin, 30 Januari 2023 - 10:00 WIB
loading...
A A A
Aktivitas benchmark industri elektrif ikasi di Jepang ditutup dengan kunjungan seluruh peserta Pertamina dan Toyota Indonesia yang diterima dengan baik oleh ambassador Kedutaan Indonesia di Jepang.

Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina M. Erry Sugiharto mengapresiasi Toyota atas program transf er knowledge MPDP ini. Dia berharap program ini bisa terus berlanjut ke tahap berikutnya terutama dalam kaitannya terkait transisi energi yang digalakkan Pertamina.

"Pertamina mengucapkan terima kasih dan aspirasi yang setinggi-tingginya kepada manajemen PT TMMIN yang
berkenan memberikan ruang dan waktunya untuk menerima 10 perwira Pertamina dalam menjalankan program MPDP atau di internal kami kita sebut on the job development ini," ujarnya.

Erry berharap kolaborasi ini bisa berlanjut ke program-program berikutnya karena Pertamina belajar untuk ke bisnis baru yaitu EV Battery dan New and Renewable Energy.

Dia juga menambahkan, Pertamina saat ini memang tengah bersiap dalam menghadapi transformasi bisnis energi yang mengarah ke energi hijau, sehingga program kerja sama dengan Toyota Indonesia ini dirasa sangat diperlukan dalam hal pertukaran ilmu. "Terlebih kebijakan transisi energi menjadi perhatian Pemerintah Indonesia dengan mencanangkan target Net Zero Emission (NZE) pada 2060," kata Erry.

Menurutnya selain melakukan rejuvenasi infrastuktur existing maupun investasi aset baru dan tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan talent sebagai business driver dalam satu pengelolaan organisasi yang perlu dioptimalkan, termasuk perubahan mindset culture maupun penguatan skill dan knowledge.

"Untuk itu, sejak dini kami menyadari bahwa Pertamina perlu dukungan dalam menjalankan strategic inisiatif perusahaan. Kami berharap program ini bisa terus berjalan tahun ini dan tahun berikutnya agar kerja sama ini bisa terus membantu Pertamina agar bisa siap menghadapi perubahan tantangan ke depan," ujar Erry.

Salah satu peserta program MPDP, Komang Arie, menyampaikan kesan dan pesannya mewakili rekan-rekan Pertamina yang telah mengikuti program MPDP. Arie mengatakan terima kasih atas kesempatan yang diberikan melalui kerja sama dengan Toyota Indonesia.

"Seluruh tahapan kegiatan MPDP termasuk kesempatan benchmark secara langsung ke berbagai fasilitas industri baterai di Jepang, sangat relevan untuk melihat secara langsung implementasi NRE dalam aktifitas bisnis. Semua pendampingan, pengalaman, dan transfer knowledge selama masa MPDP mempersiapkan kami dalam membangun ekosistem EV battery di Pertamina,” ujarnya.
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)