BPS: Inflasi Januari Capai 5,28% Terdampak Kenaikan Harga Pangan dan Rokok

Rabu, 01 Februari 2023 - 13:10 WIB
loading...
BPS: Inflasi Januari Capai 5,28% Terdampak Kenaikan Harga Pangan dan Rokok
Harga pangan dan rokok menjadi faktor pendorong inflasi Januari 2023. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi sebesar 5,28% year on year (yoy) pada Januari 2023. Faktor pendorong inflasi kenaikan harga pangan hingga rokok kretek filter.

"Kelompok pengeluaran penyumbang inflasi bulanan terbesar itu berasal dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau. Komoditas penyumbang inflasi bulanan terbesar dari beras, cabai merah, ikan segar, cabai rawit, dan rokok kretek filter," ungkap Kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers, Rabu (1/2/2023).



Menurut dia Inflasi Januari relatif lebih rendah dari inflasi pada periode tahun sebelumnya. Dia mengatakan bahwa inflasi Januari 2023 secara bulanan untuk keempat komoditas yakni beras, cabai merah, ikan segar, dan cabai rawit tersebut relatif lebih tinggi dibandingkan inflasi bulan lalu.

Baca Juga: Kaleidoskop 2022: Siklus Komoditas Berubah Terdampak Perang Rusia Ukraina

Dia mengatakan secara bulanan terjadi inflasi sebesar 0,34% month-to-month (mtm). Sementara itu, kelompok penyumbang andil deflasi terbesar adalah transportasi. "Komoditas penyumbang deflasi terbesar, di antaranya adalah tarif angkutan udara, bensin, dan telur ayam ras," kata Margo.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)