Waspadai Pembalikan Arah Rupiah di Akhir Pekan

Jum'at, 12 Juni 2015 - 08:36 WIB
Waspadai Pembalikan Arah Rupiah di Akhir Pekan
Waspadai Pembalikan Arah Rupiah di Akhir Pekan
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada akhir pekan ini berpotensi balik arah melemah jika ditekan aksi jual dan menguatnya USD.

"Kami berharap penguatan rupiah dapat berlanjut. Tentu kondisi tersebut dengan asumsi tidak terjadi aksi jual yang dapat membalikan posisi rupiah," ujar Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Jumat (12/6/2015).

Dia menyarankan untuk tetap cermati setiap sentimen yang dirilis. Semalam, data retail Amerika Serikat (AS) meningkat di Mei 2015.

Reza menjelaskan, kini pelaku pasar berharap positif akan hasil dari langkah pemerintahan Yunani yang menyampaikan proposal baru kepada para krediturnya. Laju Rupiah pun memanfaatkan kondisi tersebut untuk dapat melanjutkan kenaikannya.

Reza memprediksi rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia akan berada pada rentang Rp13.320-Rp13.335/USD.

Sementara posisi rupiah kemarin berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI pada level Rp13.292/USD, menguat 37 poin dari posisi penutupan hari sebelumnya di level Rp13.329/USD.

Pasca mendapat sentiment positif dari lonjakan laju yen, rupiah keamrin masih mendapat sentiment positif dari berlanjutnya kenaikan laju euro seiring dengan maraknya ekspektasi positif akan penyelesaian utang Yunani.

Banyak pihak yang menginginkan happy ending stories untuk masalah utang Yunani. Apalagi Yunani dan para kreditur mulai menurunkan tensi ego masing-masing untuk mencapai kesepakatan.

Kini pelaku pasar berharap positif akan hasil dari langkah pemerintahan Yunani yang menyampaikan proposal baru kepada para krediturnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4227 seconds (0.1#10.140)