Barang-barang Subsidi Ini Tiap Hari Dilihat Tapi Sering Tak Disadari, Apa Saja?

Jum'at, 03 Februari 2023 - 11:01 WIB
loading...
Barang-barang Subsidi Ini Tiap Hari Dilihat Tapi Sering Tak Disadari, Apa Saja?
Barang-barang subsidi yang tiap hari dilihat tapi sering tidak disadari. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan jenis-jenis barang subsidi yang sering dilihat tapi suka tak disadari masyarakat. Di antaranya seperti LPG 3 kilogram (kg), bahan bakar minyak (BBM) hingga lampu penerangan jalan.

"Subsidi LPG, listrik, BBM, jalan raya, penerangan jalan, air minum, fiber optic... itu ada karena #UangKita," ujar Sri melalui akun Instagram resminya @smindrawati pada Jumat (3/2/2023).



Terkait barang-barang subsidi tersebut disampaikan Sri Mulyani dalam dialog bersama para perangkat daerah dan masyarakat Madura di Pendopo Kabupaten Sumenep, untuk menjelaskan apa wujud APBN yang hadir di Madura, khususnya Sumenep.

"Lalu apalagi? Banyak. Dana Desa Sumenep yang dipakai untuk memberikan bansos kepada kelompok masyarakat miskin mencapai 41% dari Dana Desa se-Madura (Realisasi BLT Se-Pulau Madura mencapai Rp438 miliar (101,92%) untuk 121.900 penerima manfaat," tambah Sri.

Juga termasuk beasiswa bidik misi, seperti yang diterima para mahasiswa di STKIP PGRI Sumenep dan ratusan peserta didik perguruan tinggi tersebut.

"Beasiswa @lpdp_ri untuk mereka yang ingin menempuh pendidikan yang lebih tinggi, seperti yang diterima putra daerah Madura Dodik Pranata Wijaya, ini berasal dari APBN #UangKita," jelasnya.

Termasuk Pembangunan Kawasan Industri hasil tembakau (KIHT) yang dibiayai dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau dan subsidi bunga KUR maupun pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dari Pusat Investasi pemerintah untuk membantu pelaku UMKM di Sumenep.

"Pada kesempatan ini @kemenkeuri juga melakukan penyerahan pembiayaan UMi, KUR, kepada pelaku UMKM, juga Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) kepada masyarakat berpenghasilan rendah di Sumenep," ucap Sri.



Selain itu dilakukan serah terima hibah dari Kemenkeu berupa barang-barang pendukung belajar untuk yayasan pendidikan dan CSR kepada masyarakat yang berasal dari perbankan, badan layanan umum dan lembaga keuangan bukan bank.

"Semua ini dari mana? Inilah hasil gotong-royong masyarakat yang membayar pajak. Bisa menyebutkan apa wujud #UangKita yang hadir di daerahmu..?" tutup Sri Mulyani.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2527 seconds (0.1#10.140)