Daftar Terbaru 20 Orang Terkaya Sejagat dan Darimana Asal Usul Hartanya

Jum'at, 17 Februari 2023 - 08:58 WIB
loading...
A A A
Peritel raksasa tersebut mengawalinya sebagai toko buku, kemudian diperluas ke musik dan video, dan sekarang menjual hampir semua yang dapat Anda bayangkan. Aman tetapi ksebagian besar keuntungan berasal dari lini bisnis Amazon Web Services-nya.

Kesuksesan besar Amazon tidak perlu diragukan, namun sikap perusahaan terhadap pekerjanya mendapatkan sorotan. Sempat beredar video yang memperlihatkan seorang pekerja Amazon tertidur di tumpukan paket. Kurangnya istirahat para pekerja menjadi perhatian.

Bahkan seorang mantan karyawan Amazon merasa perusahaan itu tak memberikan waktu istirahat cukup kepadanya dulu hingga melayangkan gugatan hukum. Perusahaan juga dituding tidak memberikan perlindungan bagi karyawan selama pandemi COVID-19, dan baru dalam beberapa tahun terakhir mengizinkan pekerja membentuk serikat pekerja.

Di sisi lain Bezos telah mewujudkan ambisinya melakukan perjalanan ke luar angkasa melalui perusahaan Blue Origin-nya. "Saya ingin berterima kasih kepada setiap karyawan Amazon dan setiap pelanggan Amazon karena kalian membayar semua ini. Serius, untuk setiap pelanggan Amazon di luar sana dan setiap karyawan Amazon, terima kasih banyak dari lubuk hati saya yang paling dalam. Saya sangat menghargainya," ungkap Bezos.

4. Bill Gates: Kekayaan Bersih USD116 Miliar

Bill Gates yang pernah menjadi orang terkaya di Bumi mengembangkan minat awal pada komputer dengan teman masa kecilnya Paul Allen. Kemudian Gates bergabung dengan Allen untuk bekerja di Honeywell, hingga keluar dari Harvard untuk memulai perusahaan perangkat lunak mereka sendiri secara bersama-sama.

Ibu Gates, Mary Maxwell Gates adalah seorang guru yang berkenalan dengan Chairman IBM, John Opel melalui pekerjaan mereka dengan United Way. Pada tahun 1980, Mary memperkenalkan Opel ke perusahaan Bill Gates dan Allen yang saat itu masih muda, Microsoft.

Kemudian Opel mengadopsi perangkat lunak tersebut, lalu Gates meluncurkan perusahaan (dan kekayaan bersih Bill) terbang ke stratosfer. Allen meninggalkan Microsoft pada awal 1980-an setelah diagnosis kanker, dan Gates tetap bersama perusahaan.

Pada tahun 1985, Microsoft dijual secara komersial untuk pertama kalinya, dengan banyak versi dirilis sejak itu— tetapi dibarengi sebagian besar kontroversi dan gugatan.

Gates secara resmi meninggalkan perannya di Microsoft pada tahun 2008 dan sekarang mendapatkan sebagian besar kekayaannya yang besar melalui saham dan investasinya. Ia memfokuskan sebagian besar upayanya pada filantropi. Dia adalah salah satu pendiri Bill & Melinda Gates Foundation yang sekarang jadi mantan istrinya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)