Daftar Terbaru 20 Orang Terkaya Sejagat dan Darimana Asal Usul Hartanya

Jum'at, 17 Februari 2023 - 08:58 WIB
loading...
A A A
5. Warren Buffett: Kekayaan Bersih USD107 Miliar

Warren Buffett adalah putra mendiang anggota kongres dan pialang saham Howard Buffett. Warren mulai berinvestasi ketika dia baru berusia 11 tahun dan mengajukan pajak untuk pertama kalinya ketika dia baru berusia 13 tahun.

Dia bekerja secara konsisten sepanjang masa kecilnya di berbagai usaha mulai dari mengantarkan koran hingga menjual permen karet dan majalah. Pria dengan julukan "Oracle of Omaha" itu belajar di bawah asuhan investor Benjamin Graham dan kemudian bekerja dengannya sebelum memulai kemitraannya sendiri.

Buffett menjadi jutawan pada tahun 1962 pada usia 31 tahun dan mengakuisisi Berkshire Hathaway, yang kemudian membeli saham banyak perusahaan di antaranya termasuk Coca-Cola dan The Washington Post. Ia menanamkan investasi dalam segala hal mulai dari Dairy Queen hingga asuransi GEICO, Buffett masih tinggal di rumah yang dibelinya seharga USD31,500 pada tahun 1958.

Buffett diketahui sangat vokal tentang reformasi pajak dan mendorong agar orang terkaya Amerika membayar bagian mereka dengan adil.

6. Larry Ellison: Kekayaan Bersih USD102 Miliar

Larry Ellison membuat dan menjual database Oracle ke CIA sebelum memperluas sistemnya untuk digunakan secara luas. Bisnisnya tidak berjalan mulus dan taktik penjualan agresif perusahaan akhirnya menyebabkan kebangkrutan dan merumahkan 10% stafnya, ditambah gugatan class action terhadap Oracle.

Ellison juga dituduh memanfaatkan IBM untuk menjadi salah satu orang terkaya di planet ini. Pada tahun 1997, Ellison diangkat sebagai direktur Apple, di mana ia tetap bertahan sampai tahun 2002.

Gaji Ellison di Oracle telah menjadi sebuah legenda, entah untuk sesuatu yang lebih baik atau lebih buruk. Pada tahun 2005, ia mendapatkan gaji pokok sebesar USD975,000 ditambah bonus USD6.5 juta dan USD955,100 sebagai kompensasi lebih lanjut.

(Pada tahun yang sama, Ellison setuju untuk membayar USD100 juta atas nama Oracle untuk amal guna menyelesaikan gugatan inside trader).
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3485 seconds (0.1#10.140)