Daftar Terbaru 20 Orang Terkaya Sejagat dan Darimana Asal Usul Hartanya

Jum'at, 17 Februari 2023 - 08:58 WIB
loading...
A A A
Zuckerberg mengembangkan kecintaan pada pemrograman di usia muda dan menciptakan versi awal Facebook-nya, ketika dia masih menjadi mahasiswa di Harvard pada tahun 2002. Mantan teman sekamarnya mengungkapkan bahwa sebenarnya Facebook lahir dari ide yang bodoh.

"Kami memiliki buku yang disebut Face Books, yang mencakup nama dan gambar semua orang yang tinggal di asrama siswa. Pada awalnya, ia membangun sebuah situs dan menempatkan dua gambar atau gambar dua pria dan dua wanita. Pengunjung situs harus memilih siapa yang 'lebih panas' dan akan ada peringkat."

Situs ini kemudian dihapus dengan cepat setelah adanya keluhan dari siswa dan staf, tetapi ide tersebut menjadi dasar kelahiran jejaring sosial. Dua tahun kemudian, dia mengotak-atik situs web baru, TheFacebook.com, memimpin mahasiswa Harvard lainnya, termasuk Divya Narendra dan si kembar Cameron dan Tyler Winklevoss.

Belakangan duo tersebut menuduh pekerjaan dan ide mereka telah dicuri apa yang mereka kembangkan untuk situs bernama HarvardConnection.com dan menggunakannya untuk membuat situsnya sendiri, yang secara langsung bersaing dengan proyek mereka.

Narendra dan si kembar Winklevoss membawa keluhan mereka ke surat kabar perguruan tinggi, The Harvard Crimson. Zuckerberg diduga meretas email editor Crimson, lalu menggunakan data yang mereka berikan kepada TheFacebook.com. Narendra dan si kembar Winklevoss menggugat Zuckerberg dan akhirnya mendapatkan 1,2 juta saham Facebook.

Pada Februari 2004, Zuckerberg keluar dari Harvard dan meluncurkan Facebook, memperluas jangkauannya dari hanya Harvard ke perguruan tinggi lain dan akhirnya membuatnya terbuka untuk semua orang di mana saja.

Sejak itu Zuckerberg hanya mengambil gaji sebesar USD1, dan istri Priscilla Chan telah berjanji untuk menyumbangkan 99% saham Facebook secara bertahap.

Zuckerberg dan Facebook telah mendapat kecaman karena berbagai aspek bisnis Facebook. Ini termasuk (tetapi tidak terbatas pada) dugaan kerusakan psikologis dari media sosial, invasi privasi, penghindaran pajak internasional, penjualan data pengguna; dan misinformasi vaksin, ujaran kebencian, dan berita palsu.

17, 18 dan 19: Jim, Rob dan Alice Walton: Kekayaan Bersih untuk Masing-msaing Sekitar USD62.9-USD65.4 Miliar

Jim Walton, Rob Walton dan Alice Walton adalah pewaris kekayaan Walton Walmart. Jim Walton menjabat sebagai Chairman Arvest Bank keluarganya, serta Penerbit Komunitas. Rob Walton memulai sebagai pengacara yang mewakili Walmart, kemudian menjadi wakil presiden senior, kemudian wakil chairman raksasa ritel tersebut.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)