Daftar 10 BUMN Kluster Infrastruktur Terbaru 2023 dan Bidang Usahanya

Rabu, 22 Februari 2023 - 17:38 WIB
loading...
Daftar 10 BUMN Kluster Infrastruktur Terbaru 2023 dan Bidang Usahanya
Terdapat sejumlah BUMN kluster infrastruktur yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah BUMN kluster infrastruktur yang bisa diketahui. Sebagai perusahaan milik negara, BUMN memiliki peran di masing-masing bidang, salah satunya bidang infrastruktur .

Badan Usaha Milik Negara atau BUMN menurut Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.

Dalam perjalanan, jumlah klusternya terus mengalami perubahan sesuai dengan implementasi strategi pembinaan BUMN dalam rangka mengoptimalkan perekonomian bangsa Indonesia.

Baca juga : Garap Proyek Infrastruktur, Menteri BUMN Gandeng Perusahaan Global

Untuk meningkatkan kinerja dan nilai tambahnya, Kementerian BUMN terus melakukan perampingan dan juga perbaikan portofolio jumlah kluster melalui restrukturisasi korporasi (merger, holding, akuisisi dll).

Perubahan tersebut dimulai pada tahun 2020. Dalam kurung waktu 5 tahun ke depan ditargetkan akan membuat jumlah BUMN menjadi lebih efisien yakni, kurang dari 70 BUMN.

Sebagai upaya pengurangan jumlah, Kementerian BUMN telah menyusun ulang kluster menjadi lebih minimalis. Salah satunya yaitu BUMN kluster infrastruktur yang dinilai sudah memiliki jumlah efektif.

Berikut 10 BUMN Kluster Infrastruktur terbaru 2023.

1. PT Adhi Karya (Persero) Tbk

Adhi Karya (Persero) Tbk merupakan salah satu badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak dalam bidang konstruksi. Selain berkantor pusat di kota Jakarta, perusahaan yang satu ini juga telah memiliki enam divisi yang tersebar di beberapa kota di antaranya adalah Medan, Palembang, Jakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)