Elon Musk Peringatkan Tentang Aliansi China-Rusia

Senin, 27 Februari 2023 - 10:44 WIB
loading...
Elon Musk Peringatkan Tentang Aliansi China-Rusia
CEO Tesla, Elon Musk memperingatkan, bahwa perang Rusia Ukraina yang berkepanjangan bisa mengarah pada aliansi dua rezim komunis. Foto/Dok
A A A
CALIFORNIA - CEO Tesla, Elon Musk memperingatkan, bahwa perang Rusia Ukraina yang berkepanjangan bisa mengarah pada aliansi dua rezim komunis. Perang kali ini diperkirakan bakal membuat ada dua kubu, di satu sisi ada Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS) dan sekutu NATO-nya.

Sedangkan pada sisi lain ada sebuah blok yang dipimpin oleh China dan Rusia?. Bahkan jika tidak melangkah sejauh itu, Elon Musk menyakini, perang Ukraina bakal bergerak menuju aliansi Rusia-China karena Presiden Vladimir Putin menjadi semakin terisolasi di panggung internasional.



Kekhawatiran tersebut disampaikan oleh orang paling kaya kedua sejagat dalam sebuah cuitan di Twitter. Hal ini bermula dari David Sacks, seorang investor teknologi dan teman Musk yang menyatakan keprihatinan bahwa dukungan AS untuk Ukraina melalui NATO akan membawa China dan Rusia lebih dekat.

Menurutnya, akan menjadi kebalikan dari strategi AS selama Perang Dingin. Saat itu Washington telah berhasil menghindari aliansi antara dua rezim komunis.

"Selama Perang Dingin, AS melakukan upaya untuk menjaga Rusia dan China tetap terpecah, meskipun keduanya adalah rezim komunis yang kuat," tulis Sacks di Twitter pada 23 Februari.



"Sekarang kami mendorong mereka lebih dekat bersama-sama sebagai akibat dari perang Biden melawan otokrasi. Ini berbahaya dan bodoh," ungkapnya.

China Jual Drone ke Rusia?

Pernyataan investor itu sebagai respons atas sebuah artikel di surat kabar Jerman Der Spiegel, yang melaporkan bahwa Rusia sedang dalam pembicaraan dengan produsen China untuk pembelian 100 drone.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)