Tarik Investasi EV Battery, Erick Thohir Ogah Terpaku Hanya ke China dan Korsel

Selasa, 28 Februari 2023 - 18:22 WIB
loading...
Tarik Investasi EV Battery, Erick Thohir Ogah Terpaku Hanya ke China dan Korsel
Menteri BUMN, Erick Thohir tidak ingin hanya terpaku kepada investasi yang berasal dari China atau Korea Selatan terkait dengan pabrik baterai kendaraan listrik atau electric vehicle. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tidak ingin hanya terpaku kepada investasi yang berasal dari China atau Korea Selatan terkait dengan pabrik baterai kendaraan listrik atau electric vehicle/EV Battery (EV) di Indonesia. Ditekankan olehnya pemerintah justru membuka peluang bagi negara-negara Eropa.

Erick mengatakan, Indonesia bukan negara yang terjebak dalam geopolitik yang belakangan ini semakin memanas atau bergejolak. Sehingga mempengaruhi hubungan bilateral, termasuk bisnis, negara-negara terkait.

"Jadi kita bukan negara yang istilahnya terjebak di geopolitik yang gak penting, kita kan bagaimana menarik investasi dan bagaimana membuka lapangan pekerjaan dan investasi berusaha," ungkap Erick Thohir saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/2/2023).



Pemerintah memang tengah menjajaki sejumlah investor di benua Eropa. Salah satunya perusahaan kimia terbesar dunia asal Jerman, BASF.

Pemerintah melalui Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pun sudah bernegosiasi dan membicarakan rencana kerja sama investasi untuk EV Battery di Tanah Air.

"Pak Bahlil (Menteri Investasi) yang sedang bekerja keras supaya kita jangan terkurung pemikiran bahwa pembangunan EV Battery ini hanya China dan Korea, negara-negara Eropa juga ke sini seperti Jerman, Inggris bahkan Ford sudah," kata dia.



Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, namun industri baterai electric vehicles dalam negeri belum berkembang pesat.

Meski kaya akan nikel, Indonesia belum menjadi raja baterai kendaraan listrik dunia karena tidak mempunyai lithium yang merupakan bahan utama pengembangan industri baterai EV. Karena itu, pemerintah terus berupaya mendapatkan kepercayaan investor negara lain agar bisa membangun ekosistem sumber daya alam (SDA) sendiri.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)