Jasa Angkutan Batubara RMK Energy Tumbuh 100%, Tertinggi 5 Tahun Terakhir

Rabu, 01 Maret 2023 - 11:47 WIB
loading...
Jasa Angkutan Batubara RMK Energy Tumbuh 100%, Tertinggi 5 Tahun Terakhir
Jasa angkutan RMK Energy tumbuh 100% tertinggi 5 tahun terakhir. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - PT RMK Energy Tbk (RMKE) berhasil mengangkut 623,99 ribu ton batubara pada Januari 2023 tertinggi selama 5 tahun terakhir atau melonjak signifikan sebesar 99,67% secara tahunan (year on year/yoy). Berdasarkan proyeksi target jangka menengah perseroan volume jasa batubara tersebut mencapai 5,77% target tahun ini.

"Perseroan akan merilis prospek jangka menengah terbaru pada agenda rilis kinerja keuangan tahun 2022 mendatang karena manajemen optimistis meraih volume lebih besar dari kemitraan terbaru dengan PTBA, termasuk kolaborasi dengan tambang swasta potensial Sumsel saat ini dalam proses finalisasi," ujar Direktur Keuangan RMK Energy Vincent Saputra melalui pernyataannya, di Jakarta, Rabu (1/3/2023).



Dia menjelaskan dari segmen penjualan batubara, RMKE berhasil menjual 135,10 ribu ton batubara pada Januari 2023, juga merupakan volume penjualan batubara low season tertinggi selama 5 tahun terakhir, atau meningkat tajam dari titik terendah disebabkan kebijakan larang ekspor batubara awal tahun lalu. "Volume penjualan batubara ini mencapai 4,85% target tahun ini," kata dia.

Berdasarkan segmen operasional, penjualan dan jasa batubara masing-masing memiliki kontribusi sebesar 17,80% dan 82,20%. Tahun ini perseroan akan fokus menuntaskan proyek hauling road yang akan terintegrasi dengan beberapa tambang di Muara Enim, termasuk tambang yang dimiliki oleh PTBA.

Hauling road ini akan terintegrasi dengan stasiun muat Gunung Megang milik RMKE sehingga dapat mendukung operasional Perseroan untuk memberikan solusi logistik batubara yang seamless di Sumatera Selatan. Perseroan juga secara berkelanjutan melihat peluang kolaborasi pada sektor energi untuk meningkatkan volume jasa dan penjualan batubara kedepannya.



Berdasarkan prospek jangka menengah, tahun ini RMKE menargetkan untuk dapat mengangkut 10,8 juta ton batubara dan menjual 2,78 juta ton batubara. Dari total volume penjualan batubara tersebut, sebanyak 2,1 juta ton batubara akan disumbangkan oleh PT Truba Bara Banyu Enim (TBBE), tambang in-house RMKE.

Perseroan akan merilis prospek jangka menengah terbaru pada agenda rilis kinerja keuangan tahun 2022 mendatang karena manajemen optimistis untuk meraih volume yang lebih besar dari kemitraan terbaru dengan PTBA termasuk kolaborasi dengan tambang swasta potensial di Sumatera Selatan yang saat ini sedang dalam proses finalisasi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2593 seconds (0.1#10.140)