Program Langit Biru Sudah Mendesak Diterapkan di Jakarta

Jum'at, 17 Juli 2020 - 12:00 WIB
loading...
A A A
(Baca Juga: YLKI: Kualitas BBM Lebih Penting Ketimbang Penurunan Harga)

Dia juga menilai sudah mendesak agar BBM oktan rendah dihilangkan. Apalagi, kata dia, Pertamina sudah siap dengan menghasilkan BBM berkualitas. Upaya tersebut dilakukan dengan menyediakan bahan bakar berkualitas di seluruh SPBU di wilayah DKI Jakarta yang berjumlah 259. Dari keseluruhan SPBU di Jakarta, semua SPBU menjual pertamax, sedangkan pertamax turbo dijual di 130 SPBU dan Pertamina dex dijual di 160 SPBU di wilayah DKI Jakarta.

Pertamina tidak hanya menjamin ketersedia-an BBM berkualitas di SPBU, tetapi juga telah memastikan dua kilang yang menyuplai BBM ke Jakarta telah memproduksi BBM berstandar Euro 4. Euro 4 merupakan standar mutu gas buang kendaraan yang ditetapkan negara-negara Uni Eropa untuk menjaga kualitas udara. Semakin tinggi standar Euro yang ditetapkan maka semakin kecil batas kandungan karbon dioksida, sulfur, dan partikel yang berdampak negatif pada manusia dan lingkungan.

Karena itu, kata dia, "Program Langit Biru" yang diluncurkan Pertamina, diharapkan dapat diterapkan di Jakarta untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih melalui penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang lebih ramah lingkungan.

(Baca Juga: Gunakan Standar Euro 4, Pemerintah Kaji Penggunaan BBM Ramah Lingkungan)

Hal senada dikatakan Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan. Dia mengatakan, program langit biru dicanangkan oleh pemerintah dengan mendorong BBM ramah lingkungan, harus didukung. Mamit menilai, sudah mendesak peniadaan penjualan jenis BBM premium di Jakarta dan kawasan Bodetabek, serta membatasi dengan ketat untuk daerah lainnya di Jawa, dan luar Pulau Jawa.

"Peniadaan BBM premium atau jenis BBM lain yang tidak ramah lingkungan, bukan saja urgent untuk mengurangi tingginya polusi di Jakarta, tetapi juga menjaga kesehatan masyarakat," kata dia.

Tak kalah penting, imbuh dia, aspek edukasi harus terus disampaikan terkait manfaat penggunaan BBM dengan oktan yang tinggi. Proses edukasi perlu terus digaungkan oleh pemerintah bersama Pertamina agar masyarakat mengerti dan mau beralih ke BBM beroktan tinggi.

"Program Langit Biru" menurutnya sangat tepat diterapkan di Jakarta untuk memperbaiki kualitas udara sesuai dengan peraturan KLHK. "Makanya program ini harus dilakukan secara bertahap sehingga bisa semua daerah bisa dilakukan," tandasnya.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)