Tips MotionTrade: 4 Alasan Saham Tidak Bisa Dijual

Jum'at, 10 Maret 2023 - 15:07 WIB
loading...
Tips MotionTrade: 4 Alasan Saham Tidak Bisa Dijual
Ada sejumlah alasan mengapa saham bisa tertolak (rejected) oleh sistem saat akan djual. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan, MNC Sekuritas, tak hanya menyediakan layanan investasi saham, namun juga beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.

Agar sukses dalam investasi maupun trading, investor atau trader harus bisa membaca peluang transaksi jual-beli di waktu yang tepat. Bagi investor atau trader pemula yang baru memasuki dunia investasi saham, mungkin pernah mengalami saat ingin menjual saham namun tertolak (rejected) oleh sistem.



Apa penyebab saham tidak bisa dijual? Berikut ini 4 alasan yang telah dirangkum MotionTrade untuk para investor atau trader pemula agar bisa memahami alasan suatu saham tidak berhasil dijual:

1. Tidak Sesuai Fraksi Harga
Fraksi harga saham merupakan level perubahan saham yang dapat dipesan dan ditawarkan oleh investor. Jika Anda memasukkan order jual atau order beli yang tidak sesuai dengan fraksi harga ini, maka sistem akan menolak permintaan penjualan saham Anda. Misalnya jika harga saham memiliki fraksi harga Rp5, maka harga yang dapat dipasang misalnya Rp500, Rp505, Rp510, dan seterusnya. Apabila Anda memasukkan harga order jual di angka Rp504, secara otomatis order Anda akan tertolak karena tidak sesuai fraksi kelipatan Rp5.

2. Saham Terkena Auto Rejection
Auto Rejection merupakan mekanisme penolakan transaksi secara otomatis untuk mencegah kecurangan dalam transaksi saham (Unusual Market Activity). Perdagangan sebuah saham akan terhenti sementara apabila terkena auto rejection agar permintaan dan penawaran di saham tersebut kembali normal. Auto rejection terdiri dari Auto Rejection Atas (ARA) yang merupakan persentase batas kenaikan harga tertinggi dari saham, dan Auto Rejection Bawah (ARB) yang merupakan persentase batas penurunan maksimum dari saham dalam satu hari perdagangan.

3. Saham di-Suspend
Apabila saham yang dimiliki terkena suspend, investor harus menunggu sampai BEI membuka perdagangan saham tersebut kembali. Faktor yang menyebabkan saham terkena suspend biasanya karena perusahaan melanggar kebijakan BEI atau harga saham tersebut berulangkali menembus ARA atau ARB.



4. Salah Jam Transaksi
Penyebab lainnya saham tidak bisa dijual adalah karena waktu trading yang salah. Bursa Efek Indonesia memiliki jam buka dan jam tutup perdagangan untuk pasar reguler. Melakukan pembelian atau penjualan di luar jam trading tersebut tentunya akan tertolak oleh sistem. Anda bisa melakukan order jual atau beli saat pre- opening dan pre-closing.

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade. MNC Sekuritas, Invest with The Best!

#MNCSekuritas #MotionTrade #MotionTradeDuluAja #GampangBeliSaham #GampangBeliReksadana #YukInvestasiYuk #InvestasiSaham #InvestasiReksadana #JualSaham
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)