Rangkaian Imbas yang Dirasakan Rafael Alun Usai Anaknya Melakukan Penganiayaan, Nomor 6 Bikin Terbelalak!

Sabtu, 11 Maret 2023 - 14:10 WIB
loading...
Rangkaian Imbas yang Dirasakan Rafael Alun Usai Anaknya Melakukan Penganiayaan, Nomor 6 Bikin Terbelalak!
Rafael Alun Trisambodo terus merasakan imbas atas perbuatan Mario Dandy Satriyo. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Rafael Alun Trisambodo masih terus merasakan imbas atas kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo (MDS) terhadap seorang remaja bernama David. Gara-gara ulah anaknya itu, Rafael Alun mengalami serentetan masalah, mulai dari sorotan kekayaan yang dimiliki hingga terancam bui jika terbukti menerima tindakan suap.



Berdasarkan penelusuran SINDOnews, inilah rangkaian imbas yang dirasakan oleh Rafael Alun usai anaknya melakukan penganiayaan.

1. Sorotan atas harta kekayaan

Sorotan terhadap kekayaan Rafael bermula dari aksi MDS yang memamerkan gaya hidup mewah. Video MDS yang tengah beratraksi dengan motor Harley Davidson dan juga fotonya dengan Jeep Rubicon viral di media sosial. Gara-garanya Netizen menyorot gaya hidup mewah MDS itu usai melakukan penganiayaan yang juga viral.

Publik kemudian menyelidik, kekayaan ayah MDS, yang ternyata seorang pegawai di Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak/DJP) Kementerian Keuangan. Rafael merupakan pejabat eselon III yang memegang posisi Kabag Umum Kanwil DJP Jakarta Selatan II.

Upaya publik mencari tahu kekayaan Rafael berhasil dilakukan dengan membuka situs LHKPN milik KPK. Dari situ terungkap Rafael Alun memiliki kekayaan sebesar Rp56,1 miliar pada 2021. Kekayaan Rafael melebihi laporan harta kekayaan atasannya, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo yang Rp14,4 miliar (2021) dan mendekati kekayaan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Rp58,04 miliar (2021).

2. Dicopot dari jabatan

Lantaran isu Rafael dan MDS makin membesar, Menteri Keuangan Sri Mulyani kemudian mencopot jabatan Rafael sebagai sebagai Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II pada 24 Februari 2023. Pencopotan dilakukan agar Rafael fokus terhadap pemeriksaan yang akan dijalaninya.

3. Dipanggil dan diselidiki KPK
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4253 seconds (0.1#10.140)