5 Tips Menjaga Kesehatan saat Puasa Agar Ibadah Tetap Lancar

Kamis, 30 Maret 2023 - 13:13 WIB
loading...
5 Tips Menjaga Kesehatan saat Puasa Agar Ibadah Tetap Lancar
5 tips menjaga kesehatan saat puasa agar ibadah tetap lancar. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Supaya ibadah yang Anda lakukan selama bulan Ramadan ini bisa berjalan lancar, ada baiknya Anda tetap menjaga kesehatan selama berpuasa. Karena selama bulan puasa, akan ada banyak perubahan pada pola hidup sehari-hari. Mulai dari pola tidur hingga pola aktivitas.

Tubuh pun harus beradaptasi lagi dengan pola kehidupan yang baru. Tak heran jika beberapa orang mungkin akan merasa tubuh kurang fit dan kurang bertenaga. Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana jaga kesehatan saat berpuasa. Nah, berikut adalah tips jaga kesehatan yang bisa Anda lakukan selama berpuasa

1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup adalah salah satu cara agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Selama Ramadan, kurangi kegiatan di malam hari, seperti begadang. Sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk tidur agar tubuh Anda tetap fit.

2. Jangan skip olahraga

Rutin melakukan olahraga disaat berpuasa bukan sebuah masalah. Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas yang ringan selama 30-60 menit sebelum berbuka puasa. Rutin berolahraga tentu akan membantu tubuh Anda untuk tetap sehat.

3. Konsumsi buah yang mengandung banyak air

Konsumsi buah yang kaya akan air seperti pir, semangka, persik, dan lain-lain. Jika tubuh Anda terhidrasi dengan benar maka Anda akan terhindar dari risiko mudah lelah, kulit kering, pusing, dan sebagainya.

4. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi merupakan sebuah kondisi yang cukup umum terjadi saat Anda tengah berpuasa. Pasalnya, saat berpuasa Anda tidak diperbolehkan minum selama lebih darir 10 jam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)